Tugu Muda Semarang

lokasi monumen tugu muda semarang
Lokasi Tugu Muda berada di pusat kota Semarang, tepatnya di tengah-tengah persimpangan atau bunderan yang mempertemukan Jalan pemuda, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Pandanaran, Jalan Mgr Sugiopranoto dan Jalan Imam Bonjol. Posisinya berdekatan dengan Gedung Lawang Sewu dan hanya sekitar 1 km dari simpang lima, jadi sangat mudah untuk  menemukannya.

Keberadaan Tugu Muda merupakan bagian dari sejarah Kota Semarang, sebagai monumen untuk mengenang pertempuran selama lima hari melawan penjajah Jepang. Tugu Muda menjadi pengingat bagaimana jiwa patriotisme dan perjuangan warga semarang kala itu. Mereka dengan segenap jiwa raga berjuang mempertahankan kemerdekaan dan kota Semarang dari serbuan tentara Jepang.

lokasi monumen tugu muda semarang

Melihat bentuknya, Tugu Muda menyerupai lilin,  menggambarkan  semangat juang para pejuang yang tak pernah padam untuk mempertahankan kemerdekaan. Pada bagian lain terdapat bambu runcing berjumlah 5 buah berdiri sejajar, yang mengingatkan kita bagaimana para pejuang kala itu bertempur  selama lima hari berturut-turut. Tugu Muda sendiri diresmikan oleh Ir. Soekarno  pada tanggal 20 Mei 1953.

alamat monumen tugu muda semarang

Kini Tugu Muda  selain sebagai menumen bersejarah, juga menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai menikmati suasana kota Semarang. Area Tugu Muda disetting menjadi sebuah taman dengan beragam tanaman bunga. Pada bagian tengah terdapat air mancur yang menambah keindahan taman. Di beberapa titik disediakan fasilitas tempat duduk, cocok untuk kumpul-kumpul bercengkerama bersama teman atau keluarga.

Tugu Muda Semarang cocok menjadi destinasi wisata sejarah yang mesti anda singgahi saat berkunjung ke Kota Semarang.  Selain berwisata, juga menambah wawasan kebangsaan kita.

Sumber: Lokasi Tugu Muda Semarang, Jawa Tengah


39 Komentar untuk "Tugu Muda Semarang "

Selain tempatnya yang strategis lokasi tugu muda Semarang juga merupakan tempat yang asik untuk nongkrong dan hunting foto kang. Jadi kangen nih balik ke Semarang.

Dari anak anak sampai sekarang sudah punya anak belum pernah sekalipun saya ke kota semarang..katrok banget ya?

Makasih admin sudah berbagi informasi mengenai kota semarang khususnya tugu muda ini.Mungkin nanti jika ada kesempatan bisa berkunjung kesini..

wah tempatnya enak banget kayaknya mas cocok banget buat nongkrong bareng temen-temen apalagi bareng ayang mbeb :D

Ngambil gambarnya pas kapan nich Mas...
Kok bisa gak ada kendaraan lewat gitu Ya...

Nah ini, tempat yang asik untuk bersantai ya, Mas. Enak tuh kalau sore bisa duduk santai di dekat tugunya .. hehe

Kalo tentang masalah di semarang saya malah teringat dengan tanjung mas, saat saya kerja proyek di sana gan,,tapi mengenai tugu muda saya belum paham betul gan, kalo dari pelabuhan tanjung mas kira kira jauh ngga mas...

Semarang dikenal juga karena tugunya ini :)

betul bang, pas banget backgrondnya lawang sewu

bener katrok pean :)
monggo dikunjungi

mong kang, ayang mbeb diajak kemari

pagi banget mas, hari minggu, jadi masih sepi lalulalang
makanya agak gelap fotonya

kayaknya nggak terlalu jauh mas, hanya beberapa kilo aja

betul mba, spot wajib klo kesana

tugu muda didirikan untuk mengingatkan kepada para muda semarang agar segera mengganti blogspotnya jadi dotcom...kan udah tuwa

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

budayakan sahre artikel tetangga ke G+
nih liat nih sayah nih

rindang sekali yamas keliatannya itu tugu muda semarang :)

Kalau ke Lawang Sewu pasti ingat tugu ini ehhehehehe

Kota Semarang yang julukanya kota Atlas, tugu muda ini sangat erat kaitanya dengan prasejarah perang melawan kolonial belanda ya mas..

beberapa tahun lalu pernah mau masuk lawang sewu, tapi karena terlalu malam, sudah tutup
hingga akhirnya nongkrong sampe larut malam di tugu muda ini
heuheuheu

tugu muda semarang ini berarti memiliki history sejarah seperti tugu pahlawan di surabaya ya sam

masalahnya saya lupa mulu jeh
gimana coba

ketempat saya juga cuman beberapa kilo koq

Boleh juga jadi tempat objek wisata. Padahal saya selalu lewat semarang kalau mau ke kota Malang. Mungkin jika sempat saya mampir ke tugu ini

Tugu ini juga memiliki sejarah dan bisa dijadikan tempat wisata yang menyenangkan bersama keluarga atau pacar. Hehe

itu lagi mendung mas, jadi rindang dari langit :))

ada sesuatu dengan tugunya mas?

eh kak, itu kalau malem air mancurnya bisa nyala ga? maksudnya ada kelap kelip lampu yang nyala ga? soale ditempatu juga ada air mancur di taman kota yang kalo malem nyala lampunya

Kok saya kemarin ke tugu muda ini, air pancur nya gak hidup ya. Padahal mau main air kalau pancurannya hidup.

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top