Lokasi Wisata Gunung Bromo, Jawa Timur

Wisata Gunung Bromo  berada dalam kawasan area konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau biasa disingkat TNBTS. Tepatnya terletak di antara empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Karenanya untuk menjangkau lokasi wisata ini, bisa melalui ke empat kabupaten tersebut.

Lebih jelasnya silahkan silahkan simak:

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif, dengan ketinggian 2.392 mdpl.  Memiliki panorama alam yang sangat menawan disetiap sudutnya. Mari kita telusuri langsung keindahan Gunung Bromo, dimulai dari sisi selatan (Arah Malang atau Lumajang).

lokasi bukit teletubies di gunung bromo

Bukit Teletubies, akan menyambut anda saat baru memasuki kawasan Gunung Bromo. Lokasinya ada disebelah kiri kita dan dikenal sebagai bukit Teletubies. Disebut demikian karena bentuknya yang berbukit-bukit, ditutupi rerumputan hijau mirip seperti bukit yang ada di film Teletubies. Oya..gambar diatas pesenan mas Aldino..monggo dinikmati

lokasi lautan pasir di gunung bromo

The Sea of Sand atau lautan pasir, merupakan hamparan pasir yang sangat luas, terbentang sepanjang lereng Gunung Bromo. Untuk melewatinya menggunakan sepeda motor, ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Jika tidak hati-hati bisa tergelincir atau terperosok dan menyebabkan jatuh. Sangat dianjurkan menggunakan mobil yang memang dipersiapkan untuk area wisata di sini.

pura luhur poten di gunung bromo

Pura Luhur Poten, berada di tengah lautan pasir, tepatnya di lereng sebelah utara Gunung Bromo. Pura ini masih aktif untuk digunakan sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat Tengger yang beragama Hindu. Sangat unik, karena lokasi berada ditempat yang tidak biasa.

letak lokasi wisata gunung bromo

Gunung Batok, posisinya berada disebelah utara Gunung Bromo. Terlihat kokoh menambah keindahan deretan gunung-gunung di area wisata ini.

jalur jalan menuju puncak gunung bromo

Anak tangga Gunung Bromo, untuk mendaki Gunung Bromo bukanlah perkara sulit, karena sudah dibuatkan tangga permanen hingga ke puncaknya. Menurut informasi, anak tangganya berjumlah 250 buah, jika tidak percaya silahkan hitung sendiri. Meskipun relatif mudah, tetap saja membutuhkan tenaga ekstra dan paling penting siapkan air minum, karena dipuncak tidak ada warung atau supermarket. Jadi saat anda dahaga, sudah siap dengan bekal air minum sendiri. Jangan lupa juga memakai masker dan kacamata, kalau perlu memakai helm fullface sekalian, karena sewaktu-waktu bisa terjadi badai pasir yang datangnya tiba-tiba.

puncak kawah gunung bromo

Kawah Gunung Bromo, saat sampai di puncak, kita langsung berada di bibir kawah Gunung Bromo. Harus hati-hati, jangan terlalu dekat dengan kawah. Sebab jika terjatuh, kedalamannya tak terhingga, jika tidak percaya cek aja sendiri masuk kedalam kawah...haha.

pemandangan dari puncak gunung bromo

Panorama eksotik, akan terlihat saat anda berada di puncak Gunung Bromo. Istilah bahasa pecinta alam, ‘terbayarah perjuangan kita’. Ujung sebelah utara telihat dinding karang kokoh menjulang hingga Gunung Penanjakan. Di bawahnya terlihat manusia-manusia mungil laksana sekumpulan semut. Pura Luhur Poten juga terlihat sangat eksotik, seperti sebidang kotak kecil. Dan seluas mata memandang, hanya keindahan yang nampak, top markotop deh..
wis timbang penasaran, pean budal dewe ae..ndang..delo’en kono!!

Sumber:
Lokasi Wisata Gunung Bromo Jawa Timur
81 Komentar untuk "Lokasi Wisata Gunung Bromo, Jawa Timur"

Wow...cantiknya pemandangan di gunung Bromo. Mungkin akan lebih ramai pada saat menyambut malam tahun baru ya mas? Ini aset parawisata luar biasa bagi pemda.

sampai sekarang masih belum terlaksana berkunjung ke Bromo,padahal tidak begitu jauh dari tempat tinggal saya sekarang,,,,,rencana sudah ada sih tapi entah kapan jadinya kesana ,,,,

Eksotis banget ya Mas Wong, saya melihat pemandangan gunung Bromo ini seperti di luar negeri sana... Pengen banget deh bisa berkunjung ke gunung Bromo pasti seru banget ya :)

Wah sepertinya kalo malam tahun baru pasti rame Uda....

ngeliat fotonya aja udah takjub
apalagi pas liatnya live ya :)
luarrr biasaaaa

kapan yah hidup saya bisa menikmati keindahan wisata gunung Bromo yang menakjubkan itu, seumur-umur cuman mikirin buat ngasih makan keluarga mulu kapan nyantey kaya orang-orang wongcrewcild ini gituh ya...

Aku ingin ke gunung bromo nan sip
Bikin video klip...

fantastis ,moga aja bisa kesana

fantastis ,moga aja bisa kesana

sangat takjub akan pemandangan yg sangat elok nan indah gunung bromo ini ya kang , , , kalau ada rezeki lbh pngn rasanya menginjakan kaki saya kesana :)

Indah sekali ya Mas Wong Gunung Bromo itu.. wisatake sana sambil mngopi enakn nih

Pasti Mas Marnes nanti liburan ulang tahun pasti sangat berjibun pengunjung nya

Ajak saya ya Kang De kalau mau ke Bromo :)

Kalau seru sih gak Mas Marnes Cuma Alam dan panoramanya Gunung Bromo itu Indahnya Gak Ketulungan tt3tt3tt3

Nanti bareng saya ya Kang Hary liburan tahun baru ini.. mau kan ke Gunung Bromo yang indah itu..?

saya juga punya koleksi fhoto didepan gunung batok itu sam,tp ada puranya tuh....koq gambar diatas nggak ada ya?
apa karena ngambil dari lain posisi?

gunung bromo memang salah satu keindahan alam yg sangat layak dikunjungi yasam

Gunung bromo, keindahannya hanya bisa saya lihat dari gambar, entah kapan bisa ke sana :D

Penasaran sama bukit Telletubies :))

hehe benar mas ibrohim saya juga jadi pingen ngerasain di gunung yang fantatis ini

perjuangan menuju lokasi wisata gunung bromo yang berliku dan menanjak akhirny tiba juga di puncaknya

gak ketulungan itu artinya apa Kang?

apalagi ada foto saya di situ, pasti makin keren

kan di tempat akang juga banyak gunung atuh

belum pernah kesana Mbak?
kasihan sekali

ahh Sampeyan berhasil memprovokasi saya buat segera kesana
tapi ya itu, dua kali ke sana pas musim kemarau.
kalo sekarang kan musim hujan. enak nggak ya Mas?

ke posting lama ahh
sorry nggak sempat BW sabtu minggu

ohh rupanya masih yang itu posting lalunya.

kapan ya saya bisa ke Bromo? pengen

selamat pagi mas, maaf baru bisa berkunjung lagi...kok artikelnya ndak muncul diberanda saya yah mas ?? kalau saya pribadi belum pernah kesini, tapi istri saya mah sudah pernah...jadi kepingin kesana juga...

Edunnn Liat Photo nya aja udah serasa di sana apalgi kalo langsung ke lokasi beuuhhhhh pasti serasa mimpi :D

Kek gimana iya rasanya mendaki gunung itu, bakalan gemeter apa ngga iya kalo mendaki gunung haha

Karena keindahannya, banyak para turis seneng dateng ke sana ya mas

seperti biasa
yg jadi makmum yg bayarin

Pengen banget kesana kalau ada yang ngajak. Slama ini gak pernah mendaki gunung huhu

Wisata di Gunung Bromo selalu mendapatkan sisi yang unik dan menarik untuk ditelusuri ya Kang. Sepertinya jadi kangen ke Bromo lagi nih.... :D

memang bro gak ada matinya bro...mana akses kesana dan mendaki kepuncaknya juga udah mudah menambah banyaknya turis dan orang tertarik untuk mendakinya. dan kalau malam juga ketika melihat bintang seakan berada diluar angkasa saat berada di lautan pasir. keren ya gan....ok makasih

aku hanya denger dan baca doank tentang gunung bromo, kalau ada waktu pengen sih ke bromo, tapi ga mau mendaki dan berjalan panjang dan lama hehe..

Kalau Kopdaran saya di ajak nad
masa harus berenang dari Pontianak sih
Teganya ih

kapan ya saya bisa main ke bromo... pengen banget...

terbang aja kang asep, turun langsung di puncak

hehe.. anak tangga diitung..
mending nyanyiian lagu anak ayam turun seribu.. tak berasa bisa langsung dpt puncak..!

jgn khawatir untk masalah itu Teh Cantik..! sy punya koq solusinya

kebetulan sy punya ketapel khusus.. ketapel sy inih, sebenarnya bisa masuk MURI, dan belom ada duanya di dunia.. tp malas tuk publikasikan ke masyarakat luas.. rumah bisa rame lagi.. mana2 org pastinya minta tandatangan lagi

ketapel sy inih Teh.. besar..
kalw mau jalan2 ke bromo tp nda mau capek.. teh cantik tinggal duduk saja di ketapel sy inih.. bagaimana Teh..! mau nda..?

wah..saya ganti blog kang Jery, kayaknya mesti follow lagi spy bisa tambil di dashbord

nah, sudah ada yang bayarin, ikut nimbrung sekarang

coba baca kamus mas, ato di google translet

di sebelahnya pura sam, jadi nggak kelihatan

betul banget, mulai rame sakarang, jelang liburan akhir tahun

silahkan mas, mumpung jelang libur akhir tahun

bener bagus sekarang, nggak berdebu...mudah dilewati

dan yang semakin eksotik di bukit teletubies, tambah hijau

asyik bareng keluarga mba..kapan ya..

Salah satu Kebesaran Ciptaan Tuhan di bumi pertiwi, Bromo Tengger, Semeru...
sayangnya saya belum pernah kesana, haha

waw, jalannya sangat extrim juga ya Mas, nanum walaupun demikian dapat terbayar dengan keindahan dan suasana bromo tentunya :)

Ada juga yah ternyata bukit teletubies.

di NTT lbh bagus lg bukit teletabisnya

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top