Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara

Tempat wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) terletak tidak jauh dari pusat kota Banjarnegara. Hanya sekitar 2 km ke arah barat, berada di bantaran sungai Serayu, sungai yang menjadi sumber pambangkit Listrik  tenaga air Mrica kecamatan Bawang. Untuk sampai di lokasi wisata ini sangat mudah dijangkau, akses jalan sudah dibangun dengan baik dan angkutan umum juga tersedia.


Sungai Serayu di sisi utara Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas atau orang disana biasa menyebut kebun binatang Selamanik, merupakan ikon wisata kabupaten Banjarnegara. Dulu sebelum dibangun TRMS ini, sebenarnya ada lokasi wisata andalan lain, yaitu Bendungan Mrica. Dimasa jayanya merupakan magnet wisata, yang mampu menyedot pengunjung dari daerah lain, hanya saja sekarang kalah pamor sehingga sepi dari wisatawan.


Saat masuk ke areal wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, kita akan merasakan suasana sejuk dan nyaman. Pohon-pohon rindang banyak terdapat di lokasi wisata ini, memanjakan pengunjung yang ingin jalan-jalan sambil menikmati suasana area wisata.

Beberapa koleksi binatang buas dan burung

Kolam renang dengan fasilitas waterboom

Area playground dan wahana permainan anak

Panggung hiburan terbuka

Wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara menarik untuk dikunjungi, karena pengelola memadukan beberapa objek wisata dalam satu lokasi. Disini pengunjung tidak hanya bisa melihat beragam koleksi binatang, kolam renang dengan fasilitas waterboom tersedia. Wahana permainan juga dibuat untuk memanjakan pengunjung anak-anak. Dihari tertentu biasa digelar hiburan rakyat seperti musik dangdut atau campur sari, dipanggung terbuka yang disediakan secara khusus.


Sumber: Lokasi Wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara Jawa Tengah
119 Komentar untuk "Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara"

kebun bintang yang sejuk nih banya rindangan pohonnya ,,,, pasti bkin nyaman para wisatawannya ,,, :)

Taman marga satwa sebagai salah satu aset parawisata di samping pelestarian hewan dan tanaman sekaligus...

Saya dah lama banget gak rekreasi ke taman marga satwa mas, pernah berkunjung ke Ragunan sama taman safari thok :)

Taman rekreasi yang teduh adem dan menegesan nih Mas Wong. bisa buat liburan tahun baru kali ini nih.. makasih atas di posting nya taman rekreasi ini Mas Wong

Mas Crew, sing wong Banjar Gilar-Gilar sapa jane? bojone Rika ya?

saya juga nyaman kalo pas di banjar. hebat kotanya, deket dingin deket panas.

Betul ya Mas Fiu.. yu kita liburan tahun baru nya kesitu Mas :)

Saya sependapat dengan Bapak Guru saya Pak Uda. piis akh Pak :)

Saya malah lebih asyik nya sueerr

itu para raja hutannya kok keliatannya kurus kurus gitu ya Mas.

Saya yang memandu di taman rekreasi marga satwa itu lho.?

Yu ngopi aja Mas Zach? saya ngerti deh pasti ada maunya iyakan saya tau kan keinginan yang ada di dalam hatinya Mas Zach deh

lagi diets mas.. ngurangin kolesterol..

asiknya tiap rekrasi ke margasatwa selalu bawa anak, pengenalan terhadap jenis2 binatang dikenalkan langsung secara visual disamping saya puas jalan jalan muter sana sini cari barang baru hehe

Paling kalau ke ke taman kebun binatang yang ada kolam renangnya seperti kolam renang aboh yang ada di kota tasikmalaya :)

piknik ke taman marga satwa tentu wajib membawa keluarga, sekalian untuk mengenalkan anak-anak untuk mencintai binatang, kalau ke taman marga satwa sendirian atau hanya berdua dengan selingkuhan, emangnya kita mau nyama-nyamain dengan sodara sendiri yang bergelantungan di taman itu?...ngga kan?

bagus banget taman rekreasinya nih sam.raja hutannya masih banyak ya.kelihatan bagusan ini deh daripada kebun binatang surabaya

Tempat yang representatif untuk keluarga menikmati liburan... amakasih artikelnya...

Wah mantab,,, salut bisa promosiin wisata di daerahnya///

wahhh busettt lengkap bener nihh koleksi hewann nya di tambah dengan fasilitas kolam renang jadi makin Makjlebbb nih :)

Tidak tidak.... tidak begitu ya paling sekedar madakne rupo

Kebun binatang di padukan dengan wahana permainan kayaknya memang mengasikkan dan menjanjikan keuntungan pengelola kayaknya. satwa taru Juruk Solo kayaknya juga di bangun wahana permainan termasuk waterboom gitu

Tempat wisata taman rekreasi margasatwa serulingmas menyimpan banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan untuk mengenal lebih dekat dengan satwa dan hewan juga ya mas..... hm,,,, jadi pengin ke sana saya nih.....

enak kebun binatang nya, asri dan teduh banyak pohonnya. tapi susananya terlihat sepi begitu, apa mas crew berkunjung di hari biasa?

kebun binatang Selamanik kok tampak sepi apa karena tiketnya mahal ? atau karena koleksinya kurang banyak binatangnya ?

kunjungan buat tahun baru pasti seru kayanya hahaha

Wah seru ya kemargasatwa
bisa lihat-lihat apa yang ada

Udah dua hari ini Mas Wong gak kelihatan nih nya. Kemana saja yah..? kaya nya super sibuk apa lagi mendaki gunung nih..?

wisata di marga satwa nya sekalian Mas Yanto saya yang bayarin deh gak apa apa saya Ikhlas

Saya gak gemuk cuma langsing dan singset. Kalau Teh Santika kurang tau Mas Arie.. lha wong taunya hanya di foto donag.. Kalau Raja Hutan itu kurus sengaja gak di kasih makan oleh Mas Wong nya.. iya Kan Mas Wong.. jawab sendiri aja akh ... iyah tt3tt3tt3

Kapan saya bisa berdarma wisata ke Kota Tasik yah..?

Ronda malam sambil ngawasin Binatang di Marga satwa itu Mas Wong,, nya kemana nih nanti pada kabur nih piaraan di kebun binatang nya :) tt3tt3tt3tt3

Mas Wong nya lagi sibuk ngasih makan harimau mas hehehe...

lagi disetrap istrinya mas
nggak boleh ngenet

kalau di medan mas Taman Rekreasi Margasatwa sepertinya sudah ndak keurus lagi, jadinya sedikit deh pengunjung ke situ :D

iyya ya...taman rekreasi margasatwanya terawat..!

jadi ingat bonbin di semarang namun yang di banjar negara ini memang mengasikkan kayaknya mas

kalau mau pipis kebelakang ge' mas

yaiyalah
kalau nggak ada yanggak bisa dilihat

subhanallah.. Mas Wong.. !
Sungai Serayu nya keren..!

tau ajah sam..trpaksa belanja dapur buat belu kuota

jangan mas, diiket aja itunya..

Mampir lagi mas Wong sambil lihat taman rekreasi marga satwanya sambil bawa kodak nih buat moto hewanya buat di pajang di blog

Insya Allah kalau ketemu orang nya beneran

Pasti wedo bojo ne rika rika ya Mas Wong.. sopo jenenge?

Seneng ya Teh jika bisa berwisata dan bercengkerama bareng keluarga. saya Percaya Teteh bisa Berkesinambungan dengan semua itu.. pass pasti deh ??

Bangga ya Bang Ancih daerah sendiri bisa di lhat banyak Mata. Kapan kapan saya mau EXPOSE KOTA BANJAR akh tt3tt3tt3

Kenapa Mas Ai koq sampe Busssetttt kira in teh adaa apa hkhkhk

hehehehe Sama Mas Saud, saya juga gak kurus, cuma gak begitu gemuk aja Mas hehehehe

Daftar hadir di hari yang cerah menjelang pagi ini Mas Wong Sambil Ronda Pagi deh

Kapan-kapan juga boleh mas. Kalau hari minggu ngga bisa mas yan aku ada acara rutin :D

Kang Saud tampak kurusan sekarang

saya potret nanti. lalu laporin ke juragan

absen absen, kalo nggak bakalan disetrap

boleh sekali sekali berwisata ke kebun binatang. selain untuk hiburan dan juga untuk merenungkan ada kehidupan lain selain kita. sering juga bawa anak-anak ke kebun binatang sekedar jalan-jalan dan mencari waktu yang santai untuk dinikmati sama keluarga. ok makasih gan atas infonya.

Cocok buat ngisi waktu liburan wisata sama keluarga

panas dingin, kayak mana itu ya,

weh kreen rindang dan asri tempatnya ya, eh banjar itu yang kena lonsor ya

Agak lumayan juga sih mas dari kampung saya, kapan2 pingin nyari juga deh lokasinya

Daftar hadir dan Absen di taman rekreasi ini Mas Wong. Alangkah senang nya jika Tahun baru Liburan ke situ ya Mas Wong?

Padahal kalau kemrin bilang mah Mas Wong kemarin saya bagi kuota lhooo..?

wah kaya'nya tahun baru bakal kesana nih :D
ada yang mau ikutan???

Kapan saya bisa melancong ke kota Banjar.. biar bisa ketemu sama Mas ADMIN Blog ini yang Ganteng sekali tt4tt4tt4 :D

Bariiisss semua...!!! Nanti saya setrap semua tt3tt3tt3

Sssssst..... jangan berisik ada yang lagi rekreasi nih,,

Jantung hati saya ada dimana coba?

Bisane kaya konon priben kawite... tt3tt3tt3

Karena saya banyak pikiran yang belum kesampai an Mas Zach. kalau kata Kakek saya dulu mah lagi GALAU Tingkat 100cc Mas Arie Diet dong?

Ssssst jangan bilang bilang Ibune saya Mas Zach bisa batal saya ke kota Tasikmalaya nya..wahh gas watt Mas Zach ini :) tt3tt3tt3tt3

Mangga Abah Haji.. di haturan calik heula nya..?

Hadir lagi sambil Ronda malam Eeeeehh Pagi Masss

hahaha maklum mas saud saya belom pernah main kesana jadi yaa kagett aja :D

Mau saya laporin ah ke istrinya mas saud wkwk

Ada singa... Saya merinding mas kalau liat singa.. :D

memang harus dirawat ya mas aldi, jadi biar para satwanya sehat dan bugar :D

paling ketemu macan mas disana :)

se karepmu... :)

@mas zach.. kasih tau nggak yah..

kecil tempatnya mas...kalo surabaya kaya perlu perawatan :)

biar nggak kaget kesana ajah mas

Tamanya bersih dan terawat ... memungkinkan pengunjung betah berlama lama disini ya mas :D
koleksi satwanya juga lumayan..

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top