Wedang Kendel

“Ngapunten mas, suguhanipun piyambakan mawon.. wedange kendel, mangga dipun unjuk” tuan rumah dengan ramah sambil menyuguhkan ‘wedang kendel’. “Nggih, mboten punapa, sampun cekap.. matur suwun sanget” jawab saya. Percakapan ramah tamah saat bertandang ke seorang kawan di daerah Jawa Tengah.

Ada yang tau apa itu wedang kendel? Ya, wujudnya seperti gambar diatas, kopi hitam kental pahit yang saya sediakan khusus untuk sahabat blogger semua yang berkunjung disini, monggo dipun sruput.

Kopi, khususnya di Jawa memang menjadi sajian wajib, disuguhkan untuk setiap tamu yang bertandang. Dibeberapa tempat dikenal sebagai wedang kendel, khususnya Jawa Tengah. Lantas kenapa disebut wedang kendel? Wedang itu minuman, sedang kendel artinya berani. Maksudnya adalah saat ada tamu datang, sedangkan tuan rumah tidak memiliki sajian apa-apa, maka cukup diwakili oleh kopi.

Kopi yang disebut wedang kendel adalah kopi yang berasal dari bubuk kopi dengan tekstur kasar. Dibuat dari biji kopi yang ditumbuk atau kalau sekarang digiling kasar. Dengan bahan seperti ini, maka saat diseduh akan menghasilkan sajian kopi nikmat dipenuhi butiran kasar dari bubuk kopi. Saat diminum kita tidak hanya menikmati air kopinya, tetapi juga sambil memakan butiran kasar bubuk kopi yang mengambang dipermukaan gelas sebagai camilan. Dari sinilah sebutan kopi sebagai wedang kendel berasal, karena sudah memenuhi kebutuhan minum dan camilan untuk disuguhkan tamu yang bertandang.

Nah khusus untuk tamu blogger saya, tidak hanya kopi wedang kendel yang disuguhkan, tapi bersama camilannya, silahkan dinikmati sesuai selera.

Ngopi sambil menikmati singkong bakar khas banget suasana pedesaan, ditambah gorengan juga nikmat, atau peyek kacang tambah sedap.

Nah kalo ngopi ditemani roti maryam berasa di Pakistan atau padang pasir Timur Tengah, siapa tau lihat onta lewat. Padahal ane lagi ngelamun di sekitaran ampel Surabaya.

Ingat ngopi di jembatan Gladak perak Lumajang, tahu petis jadi camilannya, plus dapet penampakan

Makanan tradisional jajan pasar di Madiun ini, makjleb dengan segelas kopi panas.

Ngopi jos sambil ngobrol ngalor ngidul di angkringan Solo, melahap sego kucing.

Kopi instan di kereta api juga tidak kalah nikmat, nyeruput sambil bergetar.

Monggo om, ngopi disik


Kopi wedang kendel, kuliner khas nusantar
118 Komentar untuk "Wedang Kendel"

Apaun yang terjadi pokonya saya minta satu cangkir pesen wedang kendel Mas Wong?

Maaf Mas Wong hurup P nya ketinggalan nih heheh... maaf matanya wes semaput pengen tidur.. tak ombe disit yo wedang kendele Mas Wong? makasih

Tidak percaya setelah saya minum wedang kendel kok baru nyadar ya Kalau saya dapat Pertamax..? kok kaya ngimpi sih..? Salam pagi ya Mas Wong? semoga sampean baik baik saja, sehat selalu sekeluarga (amin)

Mas Yanto kemana nih tadi saya lihat andak unduk disini, tak datangi kesini malah raono. Yah sudah saya minum Wedang Kendele sama Mas Wong saja. sambil tiduran disini ya Mas.. kalau saya kesiangan bangunin.. tapi gak pake siram siraman yo? kaya Mbok ku :D

wuih mantabbb...pakek..be'...ngopi2 rek...camilanetelo nggoreng, mak nyus...apalagi kalau sambil menikmati ujan...liat2 mbak2 lewat pada kujanan...hidup terasa sempurna...yo ra mas ? :D

wah saya belum pernah tuh makan roti maryam...nanti bisa keluar dik ajeng maryamnya g ya ? dikasih dik ajeng maria yg di ayat2 cinta juga g papa deh...trimo :D

aduh kalau denger tahu petis jadi inget mantan jaman pacaran dulu yang kini meninggalkanku dengan menikahi cowok lain...suka ngasih ituuu... T_T

wah mas wong mantab nih...dari ngampel, alu ke lumajang, eh tau2 dh ngangkring di solo...mantab wes...kulinerers tenan... :D

jangan suka ninggal2 gitu dunk mas...kasian mbak P nya ketinggalan, g bawa uang untuk ngangkot...

wah jam segini mas saud beum tidur ya...kalau saya udah bangun...ayo minum wedang kendellll....eh mas wong, yang benar itu kendel = berani atau kendel=kendil..hehe, bacanya yg bnar yg mana nih ?

kendel (lidah jateng) artine berani

wis turu paling, ndak kuat melekan

wis nikmat koyo neng surgo..dunyo

saya sruput dulu satu nih mas.... kayaknya mantep nih apalagi singkong bakar bakar beuh....

Aroma dan lezat dari wedang kendel akan membuat para pecintanya dan yang menikmatinya semua manjadi kendel yo Kang. :D

waduh, saya ga yang pertamaxx...Masih bisa ngambil kopinya kan mas? Dikasih satu reguk saja ga apa-apa, yang penting dapat...hehehe.

Pasti rasanya pait iya mas wong hihihi #So tahu

selalu saja kalau kelas singkong, dan ubi serta sejenisnya, bilangnya khas pedesaaan...kenapa ngga kita rubah bahwa KHAS SUASANA PARA BLOGGER KOTA gituh mang?

istilah wedang kendel juga dikenal di daerah saya di Cilacap, Mas Crew.
pokoknya berani tampil sendirian, pede, meskipun tanpa gorengan, camilan atau semacamnya. yang penting berani. berani tampil di panggung sendirian, itu istilahnya Kang Saud mungkin.

sekarang dong di jakarta kalo pada rapat pacitannya ubi sama jagung rebus Kang

tapi saya ragu kalo Kang Saud orangnya kendel.
padahal minumannya kupi lho

wahh Mas Yanto lagi siraman?
dapet orang mana?

ooh ternyata wedang kendel itu kopi hitam kental pahit ya mas.. pernah sih saya merasakan kopi seperti ini mas... apalagi menikmatinya dengan makanan yang seperti di atas itu mas..

sudah pasti pahit lah mbak Ai...

#sudah pernah merasakan.

kopi hitam sama bakar singkong mantap hehehe

kuliner kopi... pernah merasakan pahitnya kopi setelah itu tidak lagi.... :)

langsung saya cicipi mas wedang kendel nya :)

kang sayakan ngak pertamax nie, saya minta 1 cangkir aja tapi yang gede bisa ya, plus sama yang di piring itu

wedangnya kayak kopi ya, kayanya enak banget ya

wedang kendel itu apa sama dengan kopi tobrok itu tasam?

nah ini dah hadir...
biasa mas baru nyari sesuap nasi sama simpenan

masak pahit sih mas?
saya liat mbak ai manis tuh

masak pahit sih mas?
saya liat mbak ai manis tuh

emang dah masuk brapa bulan ya?

hahaha....wedangnya kayak kopi??

Karena saya yang Pertamax? jadi saya nambah Wedang Kendelnya yo Mas Wong? sesuai perjanjian yang di tulis diatas sana iya kan..? hhh :D

Saya malahan baru bangun nih Mas Mas yang Ganteng..? hhh Saya kalau Lihat Mas Zach takut beneran.. bawa'an nya pengen meluk aja hehhe :D

Mas yanto salah paham nih wkwk

Nah ini Mase datang yo wes tak suguhi wedang kendele buatan Mas Wong mau ndak sampean Mas Yan..? kalau mau bayar dulu hhehe :D

Mas Yanto emang suka salah paham, Mbak Ai kalau saya mah Insya Allah kagak deh. Emang Mbak Ai Cantik.. wajar kan ya Emang Perempuan hehhe :D

Mas Zach kok jadi nambah pandai yah.. saya bingung jadi pinter menafsirkan dan memadukan antara Wedang Kendel dengan, Karir saya. yah Udah Mulai sekarang saya Angkat Mas Zach Jadi Artis Beneran deh. Nanti Acara HUT Tahun Baru di Taman Mini Indonesia Indah Creh Band saya tampil pada hari Rabu tgl 31 Desember 2014. Insya Allah :)

Saya hampir tiap malam saat ngeblog di gubug reot saya di temani Wedang Kendel itu. Selera saya nyaris sama persis dengan Sahabat ku Mas Wong :)

saya mau maryam saja mas
roti maryam loh

Salam sore Mas Wong, masih adakah Wedang Kendele Mas, saya lesu kalau minum wedang kendel kaya nya seger nih.. boleh saya suguhkan secawan Wedang kendele sampean Mas Wong..? Bayar gak apa apalah asal di buatkan penuh dengan kasih sayang hhhhhh.. :D Maksude peane seng ikhlas yo Mas? hhh

Ini nama nya Mas Wong apa Mas Tasam sih aku mumet baca e Mas Yan..??

Wedang rasa Kopi, kalau Kendel nya kaya saya kali ya Mas Yan+Mas Em..?

haha...salah mas saud
itu mah bahasa daerah kami
ya jelas gakngerti sampean.hehehe

Suorgo nunut neroko ing katut kali ya Pak Haji? opo niku hartose Mas Wong+Pak Haji Muhammad..?

Lha yo ra ono roti maryam e Mase.. niki ono e Soto siti,, piye karep ora peane Mas..?

Ooohh ngono yo,,? emang sampean orang orang yang malang aku sampe ra mudeng ngrtoske' e :(

Yah gara gara salah ambil mau ngopi ceritanya, eeh yang dimasukan sama hitamnya ndak taunya Terasi buuekhhh... asemmm gkgkgkgk :D

Neng kene kopine ga dadi kopi kendel alias kopi jireh dadine, ga wani meri dewe. Tuh lihat aja begitu banyak kancane.

Kopi, rebusan singkong, plus ji samsu 3 batang, mangrem tenan

monggo mas, sami dipun unjuk wedang kopi kenedele, nggih mas saud angsal kalih gelas

bawaan kendel itu yah..kecup basah mas saud

kendel berpetualang pastinya bang :D

mas2 nya pait

nah mas yanto bener tuh, meski salah paham

hadir paling depan panggung mas

kalo ke malang saya siapin mas

biasanya jadi ketagihan...apa kapok mba

haha..

podo karo mas zach

meneng ae

biasa pagi2 menyapa, menyambut mas saud dg segelas kopi..monggo ikhlas dinikmati

khusus buat temen2 jadi mesti ada temennya mas :D

wuih..manteb mas..pas lagi udan

iyaa mas wong kalo mas mas yang ada di atas saya pait semua :D mending saya donk manis kayak mbak ai :D

Awas nanti diabetes lhooo mas ainnul kalo manis2 bgt

saya dong selalu menyapa disiang hari sambil nyruput wedang kendel

wedang kendel nya masih ada tasam?
pasti enak nih nyruput kalau ujan gini

Nah sore yang Indah ini saya, mau minum wedang Kandele sampaean lagi Mas Wong.. boleh dan masih ada kah Mas Wong..?

Nanti sampean tak jadikan artis juga mau ndak Mas Wong..? :D

Masa wedang nyess Mas Pur..? ada juga tolllop panas hkhkhk

Masih ada Mas Tasam, silahkan ada di Dapurnya Mas Wong Mas Tasam hhh

Sore nya saya Nyapu di bloge Mas Wong deh Ikhlas asal pulang nanti saya kasih bekel yo Mas..? hhh

Udah pada gede sih sekarang ya,? pada rahasia rahasia'an,, yo wes tak bekak'e nang Ibu ne Sampaean Mas Yan+Mas Wong.. kalo akune ra di kasih tau.. lah hhehehe :D

Hitam melambangkan yang buat nya kalau gak salah Mas Em hkhkhkhk :D

Tuh benerkan Mas Ainnul mendingan saya yang pahit jamu. tapi ndak berpenyakitan, dari pada manis kata Mbak Ai Diabetes.. saya milih Mbak Ai saja deh

Wes ayu imut meneh yo Mas Wong?

Silahkan Mas Wong Berpelukan sama Mas Zach, dam cium basah gak apa apa. Saya pergi aja deh hhehe :D

nggak. kalo buat yang lain masih ada

saya kendel bobo' sendirian lho

huss yang buat warnanya jambon

saya main gitar di situ boleh Kang Saud?

Kang Saud mulai lupa daratan
ingat lautan

udah malam gini, nikmati artikel disini dulu mas... mau ngopi dulu...

Berarti wedang berani ya Mas :) , soalnya kendel kan berani :D

Inget lautan jangan sampe kelelep wkwkwk

Sekalian bikinin aku susu cokelat iya mas jay aku lagi males ke dapur hehe

Saya Endo alias ngeles dah. Sakit sampai kena tulup

Kang Zach Sendirian saja Ajar kendel jare

Hemmmmm..... sangat menggoda sekali mas.. di tambah camilannya itu.

Hmm uenake ya wedang kendelnya?.. Baru tau kalo dijawa tengah namanya wedang kendel.. Berarti ada dong wedang wedi.. (wedang takut) ^^

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top