Mercusuar Pantai Sambilangan Bangkalan, Madura

loksai mercusuar pantai sambilangan berada di bangkalan madura
Lokasi pantai Sambilangan berada di ujung sebelah barat pulau Madura, tepatnya berada di Kabupaten Bangkalan. Jika di tempuh dari pusat kota Bangkalan sekitar 8 km atau membutuhkan waktu  sekitar 15 sampai 30 menit. Jalan menuju pantai Sambilangan sudah bagus, sangat mudah untuk dilewati kendaraan bermotor.

letak mercusuar pantai sambilangan di bangkalan
Mercusuar Sambilangan dilihat dari bawah

jalan menuju pantai sambilangan
Melihat ke bawah dari puncak Mercusuar Sambilangan

Tiba di pantai Sambilangan, kita hanya bisa menikmati pantai dari kejauhan, tidak cocok untuk mandi atau dijadikan tempat bermain. Tetapi jangan kecewa, karena sesungguhnya ikon wisata di pantai Sambilangan adalah adanya bangunan mercusuar peninggalan jaman kolonial Belanda. Mercusuar setinggi sekitar 90 meter ini,  diresmikan oleh ZW. Willem III pada tahun 1879. Mercusuar Sembilangan berfungsi sebagai navigasi  kapal-kapal Belanda yang melintas pada masa itu.

mercusuar sambilangan bangkalan madura
Tangga melingkar di dalam Mercusuar Sambilangan

Bangunan mercusuar Sambilangan bisa kita naiki hingga lantai paling atas, melalui tangga melingkar  melewati 17 lantai.  Pada setiap lantai kita bisa menikmati panorama pantai dengan sudut  ketinggian yang berbeda. Semakin tinggi posisi kita, maka keindahan pantai semakin mempesona. Saat kita berada di lantai paling atas, pesona panorama pantai semakin menakjubkan.

pemandangan dari atas mercusuar sambilangan madura

lokasi mercusuar pantai sambilangan madura
Panorama dari puncak mercusuar pantai Sambilangan

mercusuar pantai sambilangan bangkalan
Ujung antena provider juga bisa dipegang, tuh...

Dari puncak Mercusuar pantai Sambilangan, kita bisa melihat hamparan laut yang sangat luas, disisi lain terlihat hutan bakau dan persawahan membentang disisi pantai. Ditengah laut juga terlihat kapal-kapal besar  hilir mudik menuju dermaga angkutan barang. Cocok juga bagi penggemar foto selfie, bisa narsis sepuasnya di puncak ketinggian mercusuar dengan memanfaatkan tongsis andalan.


Sebelum naik mercusuar hingga tingkat paling atas, ada baiknya mempersiapkan stamina. Karena perjalanan menaiki tangga akan menguras tenaga. Paling penting jangan lupa membawa air minum, supaya tidak kehausan saat tiba diatas. Di puncak mercusuar  tidak ada warung atau supermarket.


Harga tiket masuk mercusuar dikenakan tarif Rp. 3.000,- per orang, sedang untuk sepeda motor dikenai tarikan Rp. 2.000,- oleh warga setempat.

Sumber:
Wisata Pantai Sambilangan di Bangkalan, Madura
105 Komentar untuk "Mercusuar Pantai Sambilangan Bangkalan, Madura"

Melihat ke bawah dari Puncak Mercu Suar Sambilangan seperti melihat maket perumahan aja ya mas? Unik dan menarik...

Aduh,,,,saya ngeri melihatnya dari ketinggian gitu....sumpah...

Ini tempat pernah jadi tempat sinetron di FTV SCTV emang keren deh :g (kalau ga salah)

dan Bang Uda bagaikan raksasanya

makanya jangan suka manjat pohon

emang di film apa Mbak?
bukan film Rambo?

mas, tanggannya sampeyan koq kayak tangan robocop sih.
kemaren ikut casting terus gagal deh pasti.
makanya kalo mau jadi bintang film, milih filmnya yang pas buat sampeyan dong

90 meter, tinggi juga ya
kalo di cilacap itu kayaknya paling-paling 30 meteran deh.

Wah lumayan juga tuh capeknya 90 meter.... Hahahaha keren juga tapi viewnya dari atas :))

Tinggi bener ya kang mercusuar ini 90 meter. Tapi enak ya bisa melihat panorama pantai yang indah diatasnya hehhehe, harganya tergolong sangat murah , ,

kalau sampai kelupaan ga bawa minum krbayang hausnya sesampai di atas bisa bisa tak kuat turun nantinya

kalau sampai kelupaan ga bawa minum krbayang hausnya sesampai di atas bisa bisa tak kuat turun nantinya

mas, tangannya sampeyan koq kayak tangan robocop sih.
kemaren ikut casting terus gagal deh pasti.
makanya kalo mau jadi bintang film, milih filmnya yang pas buat sampeyan dong

apa rasanya naik diatas pak, wah tinggi kali ya perasaanya kelihatan dari foto,

wah enak ya kalau duduk2 dipuncak mercusuar itu sam
sudah kayak presiden aja

nah ini baru bener
bener2 salah

emang mas yanto bisa naek gitu

Apalagi sambil browsingan plus seruput kopi :)

Gila mercusuarnya tinggi banget ya ampe 90 meter...
tapi puas banget kayaknya bisa ngeliat pemandangan disekitarnya...

udah lama sekali bangunan mercusuarnya mas. Harga masuknya juga masih terjangkau... peninggalan yang mengesankan. bisa jadi objek wisata..

keren banget gan, bikin penasaran jd pngn ksana

Menarik sangat tu.. tapi lelah juga ya mendaki lantai demi lantai sampai 17.. tapi bila sudah tiba diatas, pemandangannya memang bagus amat

megah sekali ya gan mecusuar pantai sambilangan di madura ini, jadi kepengen kesana nih

Mercusuar Pantai Sambilangan tinggi ya mas, aku takut ketinggian..

mas, tangannya sampeyan koq kayak tangan robocop sih.
kemaren ikut casting terus gagal deh pasti.
makanya kalo mau jadi bintang film, milih filmnya yang pas buat sampeyan dong

mas Hary juga kelihatan dari atas :)

betul mas, mesti dibuatkan minimarket diatas :)

bisa dirasakan kalo liat fotonya mas...

sinyalnya kenceng banget mas, deket antena provider tuh

mas Marnes juga kelihatan dari atas :)

monggo mas, nikmatin ketinggian

monggo mas pur, sapa tau bisa liat kampung sendiri dari atas

Tinggi bener ya mercusuarnya, bisa buat ngintai atau ngintip orang.hehehe

berasa naikin monas di jakarta, tapi mercusuar lebih dekat ke pantai ya mas

yah nggak boleh begitu dong.
harus diukur
cepetan diukur dong

mas, tangannya sampeyan koq kayak tangan robocop sih.
kemaren ikut casting terus gagal deh pasti.
makanya kalo mau jadi bintang film, milih filmnya yang pas buat sampeyan dong

ngopi ahh sambil liat menara

Kayaknya enak banget dh, bisa lihat pemandangan dari ketinggian...jd pngen kesana :)

hohoho.. kasian yang mau beli pamper ke minimarket kalau ada diatas..

ngeri banget mas kalo liat ke bawah hmmm

mau nanya Mas.. ituh gambar dari atas ke bawah. lagi repling ya Mas..!
pas sekali posisinya.. atau jangan2 berubah jadi spiderman ya..

ada semutnya Papa Zach.. masih mau nda?

jgn takut Teh Cantik.. ada jeng aldini koq hihih..
admin nda boleh ikut ya..

hohoho.. tuloong.. nda kukuu..

Pantainya cukup di pandangi aja ya gan. Gak bisa buat nyebur..

sungu kan bahasa inggrisnya lagu

Lihat foto yang dari puncak mercusuar (foto ke 3) dadi awang-awangen, mas.
Berasa di puncak Monas ya mas, cuma yang dilihat pantai, bukan gedung bertingkat, hehe.

pernah sekali lewat ke dekat Mercusuar Pantai Sambilangan Bangkalan,dulu ketika ada Teman saya yang menikah,tapi lewat daerah situ dimalam hari jadi nggak begitu jelas pemandanganya,,,

dimungkinkan saja mas YANTO,,,

naik tangga sampai lantai 17? waduh... tapi setimpal lah ya dengan pemandangannya :)

NAIK tangga mercusuar segitu tingginya capek ya mas,tapi setelah sampai atas penatnya terobati dengan pemandangan yang indah

Mercusuar indah dan menarik, sayangnya aku baru denger namanya :)

bisa gan, jangan lupa bawa penutup wajah

kalo sudah denger terus mau kesana mba..?

betul Mas Rip, sayangnya nggak ada yg jualan kopi diatas :)

ya klo maksain bisa juga mas, cuman nggak asyik

monggo mas roli, nikmatin sensasinya

betul mas, pemandangannya jadi beda

jeng aldini nulisnya pasti lagi malem..

turunnya loncat aja mas, kalo nggak kuat

sayangnya ada tower ya,, bikin jelek saja,,, hehe

Nanti dh kapan-kapan kalo dompet tebel :)

walah kalau saya sih ndak berani manjat mas, takut jatuh :D

Sepertinya mas wong suka banget traveling ya....kelihatan dari beberapa postingnya yang saya ikuti...sebagian besar bertema traveling. Mercusuar itu tingginya berapa meter mas? soalnya saya terlalu tinggi takut juga si

nikmat kan minum es susu dong

saya dong tingginya 100 meter lebih

Keren nih tempat wisata pantai sambilangan bangkalan, waktu ke sana belum sempat naik ke atas menara itu mas.....

mas, tangannya sampeyan koq kayak tangan robocop sih.
kemaren ikut casting terus gagal deh pasti.
makanya kalo mau jadi bintang film, milih filmnya yang pas buat sampeyan dong

belum pernah saya melihat langsung mercusuar mas ...
tapi kayaknya ga kuat deh kalau naik mercusuar lalu lihat kebawah ... :D

kalau ada kesempatan, kayaknya harus kunjung ni

90 meter naik tangga, pegel juga kakinya ?

Kalau naiknya malam-malam mungkin tambah asik kali yah..

keren bange tuh, buat foto kenangan nanti mas kalo ada waktu

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top