Waduk Mrica, Banjarnegara, Jawa Tengah

lokasi bendungan waduk mrica banjarnegara
Lokasi Waduk Mrica terletak di kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa tengah. Tepatnya, sekitar 9 km arah barat dari pusat kota Banjarnegara dan berada di pinggir jalan raya Banjarnegara – Purwokerto.  Dari jalan raya sedikit masuk kedalam, ditandai dengan gapura wisata menuju waduk Mrica.

Wisata menarik lainnya di Banjarnegara:  SERULING MAS

Waduk Mrica juga dikenal sebagai Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman, yang berfungsi sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. PLTA Waduk Mrica menghasilkan daya listrik mencapai 184,5 MW, untuk memasok kebutuhan energi listrik meliputi area Jawa dan Bali.

fasilitas dermaga di waduk mrica banjarnegara

Menelusur sejarah pembuatannya, waduk Mrica merupakan waduk buatan yang terbentuk dari hasil membendung sungai Serayu. Bendungan ini membentuk waduk yang sangat luas, hingga menenggelamkan 32 desa di 7 kecamatan yang ada disekitar aliran sungai Serayu Banjarnegara. Bahkan waduk ini menyandang predikat sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara.  Bendungan Waduk Mrica memiliki panjang 6,5 Km dengan luas 1.250 Ha

Waduk yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 ini, tidak hanya berfungsi sebagai PLTA, tetapi juga dimanfaatkan para petani sebagai sarana menstabilkan aliran air irigasi menuju sawah-sawah yang terbentang di wilayah Banjarnegara. Khusus memenuhi kebutuhan air di musim kemarau.

pemandangan di waduk mrica

Area Waduk Mrica juga dikembangkan menjadi lahan wisata, dengan menyediakan beragam fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Fasilitas yang disediakan diantaranya, wisata air (perahu motor, dayung dan memancing), play ground untuk anak-anak, panggung terbuka untuk pertunjukkan (konser), padang golf 8 hole dan utamanya adalah sajian panorama waduk yang indah.

fasilitas di waduk mrica

Jika anda berada di pinggir waduk, seolah sedang berada di pantai, karena hamparan airnya sangat luas. Bahkan ujung waduk yang ada diseberang nyaris tidak nampak. Dijamin anda akan betah berlama-lama, apalagi dipinggiran waduk dan area sekitar, banyak di tumbuhi pepohonan rindang. Menjadikan hawa disini terasa sejuk dan segar.

Bagi penyuka olah raga ekstreem, bisa mendatangi bagian hulu sungai Serayu. Disana terdapat rute arum jeram, lintasannya dimulai dari Desa Tunggoro hingga Desa Singomerto, Kecamatan Sigaluh. Panjang rute lintasan arum jeram mencapai  12 Km.

penjual makanan kuliner di waduk mrica banjarnegara
Jarang banget ketemu serabi original

Nah untuk kuliner di tempat wisata waduk Mrica juga ada. Sudah pasti yang menarik adalah kuliner khas Banjarnegara. Es Dawet Ayu menjadi pilihan, kalau di tempat lain sejenis es cendol. Sedangkan makanannya adalah bakso, hampir mirip daerah lain, tapi ada sedikit perbedaan dari citarasa dan tampilan penyajian. Tapi kalo saya lebih berminat dengan serabinya, di pintu gerbang masuk waduk Mrica ada penjual serabi tradisional. Cara masaknya menggunakan tungku dan kayu bakar, rasa serabinya khas banget dan original.

Bagaimana sobat, lengkap banget bukan? Sambil jalan-jalan bisa menikmati wisata kuliner di Banjarnegara juga.

Sumber:
Lokasi Wisata Waduk Mrica, Banjarnegara, Jawa tengah
85 Komentar untuk "Waduk Mrica, Banjarnegara, Jawa Tengah"

Mrica...lada dong...apa ada hubungannyaaa

itu kecamatannya BAWANG :)

memang nama daerah disana identik dg nama2 bumbu

bumbu ya?
hm... temu ireng ada nggak?

Mrica atau Mrican sih Mas yang bener? saya suka keder kalo udah masuk wilayah banjar. nggak lokasinya, nggak istilahnya. Gilar-gilar banget

iya saya ingat pak harto mersemikan ini pas saya masih pake celana pendek dong

srabi yang di atas itu memang banyumasan banget deh. nggak pernah saya dapatkan tandingannya di jabodetabek

nek wong kana macane mrican mas... jan temenan

jan ilatte pancen beda banghet koh

wuih saya malah penasaran dengan serabi aslinya nih sam bila ngunjungi waduk itu

Waduk Mrica terletak di kecamatan Bawang kenapa kabupatennya bukan tumbar ya?

sekarang saya juga pake celana pendek loh

gilar-gilar itu seperti nlolor-nlolor ya?

weh koncoku sitok iki isie mek ngiming-ngimingi tok janan

Iya lengkap banget ibi tempat wisata waduk merica tapi paling asik pastinya itu wisrabi kalah deh semua ke-enakan lainya kalau ga percaya pasti masih bujang ya... kalau kue serabi di makan di waduk merica bisa bikin hangat badan karena pedasnya kayaknya.

makan serabi sambil nikmati pemandangannya mantap mas

mengingat waduk merica, teringat desa saya juga namanya itu mas, hehehe, banjarnegara, jawa tengah memang terkenal dengan berbagai buah salak dan juga tanaman untuk bahan bumbu ya mas

waduk mrica layak disambangi kala sedang penat dan gundah gulana apalagi kalau lagi wakasian ngga punya cemewew ya kang

Selain sebagai sumber daya energi ternyata Waduk Mrica juga potensial untuk kunjungan wisata ya mas...?

Waduk mrica sangat besar juga ya...sampai bisa menyandang predikat sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara... Makan serabi sama minum es dawetnya kyaknya lebih enak diatas danau (pakai perahu) daripada dipinggir danau...

Habis main ke waduk paling enak makan surabi yang original deh, kan jadi ingat kampung saya nih Mas.

Waduknya luas benget. O_o

Tapi kok sepi ya? apa emang sengaja nyari sudut pandang yang gak rame. xD

jangan-jangan kecamatan cabe-cabean juga ada tuh :D

'koh' apa sih? di daerah istri saya sering banget denger kalo lagi pada ngomong suka ada embel-embol 'koh' atau owh...

kalo dipasar pasti rame mas, pasar palmerah jam segini udah rame banget :D

Suasana pemandangannya keliatan sunyi dan teduh banget kayaknya, cocok banget tuh buat bersantai ria sambil makan serabi plus seruput kopi pastinya :)

Serabinya itu loh nggak nahan pengin nyantap!

dulunya menenggelamkan banyak desa. banyak demo ga ya dulunya?
g ke bayang sama sayah.
tapi sekarang manfaatnya banyak sekali ya.

bagi mang marnes surabi tanpa kopi g lengkap kayanya.

Wahahah namanya MRICA udah mirip sama Merica

Serabi..... mata fokus pada makanannya. heee, Berarti bisa buat mancing mas?

Sunyi banget tempatnya mas :D

Pedes donkm mas...kayak cabe...

Wah, aku lebih penasaran, menenggelamkan 32 desa nya itu... yg kebayang lgs, rumah2 penduduknya masih utuh di bawah waduk :D..

Serabinya dimakan gitu aja ato pake kuah mas? kalo di kampungku, sibolga, serabi yg mirip gitu dimakan ama saus durian ^o^.. ah, jd kgn kampung

Kalo di daerah saya ada Waduk Jatiluhur kang hehee... saya kalo mudik sering lihat Plang Alamat Ke waduk Mrica Banjarnegara, tapi blm pernah kesana.. :)

Wah nama-namanya unik gitu ya. Ada kecamatan bawang segala. Keren keren. Ajak kesitu dong mas. :D

Lha, baru tau kalo Banjarnegara punya waduk yg oke gitu..

akan betah berlama-lama sambil mancing....dan yang menarik adalah lokasi tidak terlalu jauh dengan jalan utama. akses mudah dan dapat menyenangkan

mampir kesana kayaknya asik....kapan kita ke sana nih kang. bawa pancing sekalian. pasti banyak spot bagus di sana kayaknya kang.

yang sunyi itu asik wid...untuk menghayati hubungan kita....dengan alam maksudnya.

pasti ada juga yang tidak setuju kali ya...tapi sekarang manfaatnya itu sangat penting dan beruntung bagi mereka yang ikhlas, karena akan diganjar pahala dari hasil keikhlasannya.

jalan lupa ubi cilembu juga boleh di coba makan di sana kang....

asal jangan mancing keributan aja mas. heeee

iso ae mbah dinan... mancing2

waduk mrica,kecamatan bawang?? namanya unik kayak bumbu masakan :D

Selain sebagai tempat wisata, waduk mrica ini,sebagai pembangkit listrik tenaga air, Sungguh berartinya dan memberikan manfaat yang besar waduk mrica ini bagi penduduk sekitarnya ya kang, ,

makan es cendol di deket waduk mantap sekali ya, sambil lihat pemandangan yang indah

asik.. mau es cendol rasa apa nih mba..

jadi kapan nih mancingnya Mbah?

Nah, ide yg bagus Mbah, kalo mancing sambil bawa cemilan hehehe

lihat foto2nya jadi mau jalan-jalan minggu depan ni heehee

makan serabi di pinggir waduk. wah mantep tuh! XD

Aku sukak jalan dan pepohonannya.. Kayaknya enak buat jogging :D

Asiknya ya diwaduk mrica rekreasi
Sembari mancing nulis puisi
Terus makan kue serabi
Pasti semilir dibelai indahnya hari

saya kalau lihat tempat seperti ini bawaannya pingin mancing terus

Iya bisa di jadikan tempat istirahat kalau pikiran udah agak mumet :D

oia saya pesen ubi dulu di mana ya

aamiin. doakan ah siapa tau kebagian pahalanya.

wah waduknya ada jualan begitu ya, di tempat saya mah sepi saja, hahahhaa

Mudah-mudahan cabe-cebeannya yang versi syariah ya...

Saya dong gak pake apa-apa...#sejukbro hahaha

Jadi pengen liburan. Jadi pengen eksplor tanah Jawa.

Waduk Mrica, pedes dong..hehe
Kayaknya daerah ini banyak koki. Nama tempatnya kebumbu-bumbuam gitu..

yang saya suka dari waduk mrica ada camping groundnya dan tempat mancing yang muantab....bisa bersantai dan bisa juga kayaknya buat kopdar gan...gimana? heeee

kalau saya malah enak untuk dinikmati dalam berbagai aktifitas santai dan alam lepas beb....kalau mau kita berangkat kesana, nanti aku nunggu di pintu masuk ya....heeee

sama mas....kalau gitu kapan kita mancing di waduk mrica.
pasti muantab tuh....

hahahaaa...yang jelas tempatnya bagus dan nyaman untuk bersantai ria....

memang ia kali kang di samakan

kalau saya sih pngin banget ke sana mas dinan

saya polow dulu ya pak, nanti balik lagi ke waduk mrica nya, ada tamu nih

Di sekitar kita ternyata ada banyak tempat yang bakal bikin berkesan saat dikunjungi ^_^ Wuih, serabinya bisa membuat ortu saya mupeng tuh :)

Kemarin padahal habis nyasar ke Banjarnegara..
sayang sekali enggak mampir kesini :D

Mau tanya, dari Waduk Mrica ke KB Seruling Mas ada angkutan umum gak? Makasih

Ini salah satu objek wisata unggulan khususnya di kawasan Banjarnegara dan Jawa Tengah.Objek wisata ini menawarkan pemandanga yang eksotis.Sebenarnya masih banyak objek wisata lain di Jawa Tengah yang patut untuk dibahas,mungkin kedepannya admin bisa bahas lebih banyak lagi objek wisata di jateng seperti Baturraden misalnya.

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top