Rute
jalan menuju ke puncak Negeri Diatas Awan B29 dari Malang melalui Turen –
Dampit - Piket Nol – Pasirian – Senduro – Argosari – Puncak B29 Lumajang sudah
dilewati. Rute ini merupakan jalur keberangkatan touring kami menuju puncak B29. Menempuh jarak sekitar 150 km, dengan memakan
waktu sekitar 5 jam.
Secara
keseluruhan trek jalan menuju puncak B29 Lumajang dari Malang relatif mudah
dilewati. Hanya sekitar 6 km terakhir menjelang puncak B29 yang harus dilakukan dengan perjuangan. Terutama 2 km
terakhir setelah pos penjagaan tiket masuk.
Sedikit
mengulas kembali, seperti apa trek jalan yang harus dilalui pada 6 km terakhir
menuju puncak B29 kemarin. Sebagai patokan adalah saat kita memasuki gerbang
desa Argosari. Setengah kilo meter dari sini berjumpa dengan pertigaan, jika
lurus memasuki jalan desa yang menanjak ekstrem, dengan trek jalan terdiri dari
bebatuan amburadul. Sedangkan arah kanan merupakan jalan landai dengan lapisan
aspal rusak, tetapi relatif lebih mudah dilewati. Kedua jalur ini sama-sama
menuju ke puncak B29, dianjurkan lewat
arah kanan karena lebih landai dan mudah jalannya. Kami sendiri melewati
jalan yang lurus, karena belum tahu sebelumnya. Dan benar saja, untuk melewati
rute ini membutuhkan ketangkasan dalam berkendara dan harus didukung tenaga
motor yang mumpuni.
Trek Jalan
menuju B29 berupa tanjakan berdebu tebal
Tips
berkendara dari pengojek setempat di trek ini, gunakan gigi
satu dan jangan memainkan tuas kopling (setengah kopling), biarkan los. Atur
tarikan gas sedimikian rupa tetap konstan, sesuai dengan trek yang dilewati.
Loket Masuk danTempat penitipan Motor B29
setelah portal ini trek semakin sulit
Singkat
saja, setelah 4 km dari gerbang desa Argosari, akhirnya kami sampai di loket
karcis masuk puncak B29, ini artinya
perjalanan tinggal 2 km lagi. Disebelah loket terdapat parkiran penitipan
sepeda motor dan terlihat banyak sepeda motor pengunjung yang terparkir. Kami
juga ditawari supaya menitipkan kendaraan yang kami naiki, untuk selanjutnya perjalanan
diteruskan dengan mengojek atau mendaki. Penjaga loket dan pengojek setempat
mengatakan bahwa jalur yang akan kami lewati jauh lebih sulit dari jalan
sebelumnya. Selain menanjak, jalan yang sempit, banyak lobang, kanan kiri
jurang, juga debunya sangat tebal. Meski mendapat gambaran trek horor seperti
itu, rombongan touring kami sepakat untuk tetap berusaha berkendara hingga
puncak B29. Alasannya, kalau orang setempat bisa, kenapa kami tidak.
Trek yang
menguras energi dan emosi
Ujian
itupun tiba, kami harus berjibaku dengan trek jalan yang menguras tenaga dan
emosi. Entah berapakali kami harus terguling, terperosok lubang, terbenam
tebalnya debu, bahkan roboh tertimpa sepeda motor yang kami naiki. Rupanya yang
mereka bilang bukan isapan jempol belaka. Setelah 1 jam lebih melibas trek
jahanam yang hanya berjarak sekitar 2 km, akhirnya kami tiba di puncak B29.
Rute
Pulang; Memacu Adrenalin di Tebing Kaldera Gunung Bromo
Warna Biru Rute
Berangkat ke Puncak B29 Lumajang
Warna Kuning Rute
Pulang dari B29 ke malang
Rute
pulang dari puncak B29 menuju Malang, kami putuskan melalui jalur berbeda.
Setelah tanya sana-sini kepada pengojek dan warga setempat, didapat informasi
bahwa ada jalan pintas ke Malang yang jauh lebih dekat. Infonya hanya sekitar 50 km, saya coba cek di
google map ternyata malah tidak sampai 50 km. Dengan jarak ini, berarti hanya
sepertiga dari jarak keberangkatan, yaitu 150 km. Rombongan touring kamipun
sepakat melewati jalur ini.
Melewati Jalan
Setapak Diatas Tebing Kaldera Gunung Bromo
Atas penampakan
Satelit, Bawah trek ditandai dengan panah kuning
Memasuki
jalur ini, kami langsung berhadapan dengan tanjakan berdebu, tetapi tidak
separah jalan berangkat. Selanjutnya memasuki jalan landai, dengan ruas sangat
sempit yang hanya pas roda sepeda motor. Lebar jalan tidak lebih dari 1 meter, berbentuk
U dengan kanan dan kiri jurang. Bahkan sisi kanan merupakan jurang terjal kaldera
Gunung Bromo setinggi lebih dari 100 m. Bisa dibayangkan jika terperosok, entah
seperti apa bentuknya.
Menerobos semak
belukar dan jalan yang sempit
Selain
jurang, jalan juga melewati semak belukar, dimana tak jarang sepeda motor
bahkan badan pengendara harus siap menerpa ranting-ranting pohon yang menjulur
menghalangi jalan. Semua harus diterabas dengan sigap.
Berhenti saat Berpapasan
dengan Rombongan Motor Adventure
Di
tengah perjalanan, kami sempat berpapasan dengan rombongan sepeda motor
adventure. Semestinya jalur ini memang untuk trek sepeda motor seperti itu. Ada
hal unik jika berpapasan sepeda motor di jalur ini, salah satu pengendara harus
mengalah. Yaitu dengan berhenti, kemudian merebahkan atau memiringkan sepeda
motor. Hal ini dilakukan supaya sepeda
motor yang berpapasan bisa lewat. Ngeri-ngeri sedap, karena saat memiringkan
sepeda motor, disebelahnya menganga jurang yang terjal.
Meski
rute jalan yang dilewati benar-benar memacu adrenalin, kami tetap menikmati trek ini. Karena pesona
panorama alam Taman Nasional Bromo Tengger Semereu (TNBTS) yang sangat menawan,
menjadi hiburan tersendiri. Bahkan untuk melepas penat, beberapa kali kami sempatkan
berhenti di spot-spot yang menawarkan pemandangan yang menarik.
Akhirnya Ketemu
Aspal di Pertigaan Dongkal
Setelah
1 jam lebih berkendara, akhirnya kami terbebas dari rute maut sepanjang 5 km.
Trek ini berakhir di pertigaan Dongkal, dimana kami berjumpa dengan jalanan
aspal kembali. Disini ada semacam pura atau tempat pemujaan kecil yang bisa
dijadikan tanda. Sedangkan jalan aspal yang kami jumpai ini, jika kearah kiri
menuju ke Ranupani (pintu masuk pendakian Gunung Semeru), sedangkan ke kanan
merupakan jalan ke arah Malang melewati jemplang (pertigaan ke Malang dan Ke
Gunung Bromo).
Rute
dari pertigaan Dongkal menuju Malang hanya menyisakan jarak sekitar 40 km lagi,
yaitu melewati Jemplang – Ngadisari – Gubuklakah – Tumpang – Malang. Trek jalan
yang di lewati juga sudah mulus dan relatif mudah dilalui. Hanya sekitar 1,5
jam kami sudah tiba di Malang, Alhamdulillah touring berjalan lancar tanpa hambatan berarti.
Sumber:
Rute
Jalan ke Puncak B29 Lumajang
110 Komentar untuk "Rute Ekstrem Jalan ke B29 Lumajang"
Benar-benar exstream rute'a, masih belum siap mental saya harus pake motor di tempat begituan
wiiih rute jalannya bener-bener extrem banget mas, ngeliat foto-fotonya aja kayak jaman penjajahan gitu hihihii..... wedi aku mas :D
kalo takut pake motor coba deh naik andong aja mas kalo kagak cobain pake bemo :D
meskipun harus terguling, terperosok lubang, terbenam tebalnya debu, bahkan roboh tertimpa sepeda motor pasti setelah di B29 akan terbayar semua itu :)
mas wong memang hebat lah kalau saya kesana mungkin lebih baik jalan kaki mas,heuheu
Ngeliat rute seperti itu harus ekstra hati-hati mas, jangan sampai gak fokus bisa bahaya....
kalo masih takut, kang marnes siap ngendong :)
nek wedi ojo wani-wani mas
saya malah kangen kesana lagi, penginnya pas musim hujan biar beda rasanya :)
betul mas, lengah sedikit, wassalam..
wah kalau ini memang bener2 touring sam,dari aspal yg hotmix sampai aspal kuno(tanah berdebu) semua dilewati sampai ke puncak B29.
alhamdulillah selamat sampe tujuan dan balik lagi
besok lagi ikut toring mas wong uda
gaksido siaran no
aq diajak yasam
nek wani ojo wedi wedi
saya siap digendong
terus di lemparin :)
Nguji adrenalin banget tuh, Kang :D
Sungguh Extreme ssekali ya Mas Wong.. sangat menantang dan mendebarkan
Busyet segitu nya Mass Wong wow sadis hehehe :D
Nenek nenek ono wedi ono wani. opo yoo..?
Bayar..!!!
Ra ono katah kawite nopo ?
Hujan hujanan sambil main kuda kuda an kaya jaman dulu enak ya Mas
Berani coba Mbak Beb.?
Terus ngombe ngopi karo udud
Kayak lagi balapan motorcross.. ngeri kalau jatuh bisa masuk jurang T_T
Trek dan jalurnya yang sangat menantang tuh kang, namun harus tetap memperhatikan petunjuk yang dibuat untuk keselamatan
rute jalannya bener2 menantang ya kang,extreme banget
top bgt mas sepertinya motor harus dimodifikasi biar sesuai medanya
Jalannya ekstrim selain motor cross kira-kira bisa masuk ngak ya mas
wah..wah, Mas Wong ternyata Rider sejati yah. jalannya Ekstrim gitu trs saja dilewati...
nek aku ra wani blas, wedi ndak jatuh :D
kalo saya mah pasti gak ada yg ngajak, jauh sih hikhik...
Ternyata Trex jalannya Sangat Ekstrim juga yah untuk menuju B29 Negeri di Atas Awan... :)
sangat sulit dilewati kalo belum berpengalaman dalam menaklukan jalan yg berdebu, licin. itu pulangnya jalannya juga lebih ekstrim lagi ya kang.
mungkin tips2 yang ditulis sangat membantu kalo ada yg ingin mencoba memakai motor menuju B29 ... kalo saya mah gak sanggup ah, mending naik ojeg saja ...
Itu pemandangan di foto pertama keren ya Mas, serius keren bingit mas.. Iya jalannya ekstrim ya Mas, semak belukar diterobos dan juga sempit.. Tapi kalo yang suka tantangan pasti seru dan asyik ya Mas.. :)
tuh rute kalau diamati memang menantang tapi menyenangkan juga gan...masalahnya rutenya juga banyak pemandangan indah dan itu sangat menyegarkan mata....
coba sekali sekali kita kesana ya...kopdar kek ke sana ya...pasti seru tuh...iya gak mas admin?
naik sepeda juga bisa kayaknya...tapi pasti gempor setengah mati deh tuh
mau ikut gak?
selain menantang menyenangkan juga bertualang dengan motor menuju b29...seru pastinya
yup biar selamat dan berjalan lancar menuju b 29
Klo menurut saya treknya berdebu karena musim kemarau kali ya ... harus pake masker biar tidak sesak nafas ... My Trip My Adventure !!
rutenya ngeri gitu ya mas, saya pikir dibromo itu udah paling ngeri, sekalinya ada lagi
kok keren ya, saya malah ngeliatnya serem kwkw
Duh pemandangannya amazing banget :)
Tapi kok extream juga medannya.. hehe
benar-benar perjalanan yang menantang ya mas, harus pinter mengendalikan emosi
Ngeri mang tracknya. Bikin tuur nyorodcod.
G Kbayang brada di atas jurang. Kalo kecemplung giman coba mang
Wuih wisata laki banget ini sih cocok buat orang yang berjiwa adventure medannya menantang banget
mas wong gitu loh
bayar aja ya
ngajak ibuke ajah
karawitan maksudnya?
sekarang tetep enak loh
sam wong kan nginang karo ngilo :D
bisa bikin cemut cemut mas
iya
serem banget sih jalannya, biasanya kalau lewat kelok 44 yang jalannya bagus aja suka serem, apalagi kayak gini
Jalannya ngeri, tapi emang B29 keren tempatnya. Bisa lihat gunung berjejeran
Wah keren banget kak, petualangannya sudah pasti seru banget, dari foto-fotonya saja bikin merinding. brrrr . keren lah kak.
oh iya salam kenal yak :D
ekstrem juga yamas jalannya.heuheu
kalo jatuh itu bisa bahaya dong mas, harus benar2 ahli atuh yah..
rute nya ngeri banget mas kirain naik gunung ternyata bukan hadeeeeeueh :D
Itu debunya lumayan ngebul y jalannya
Perjalanan yang benar-benar seru nih, ekstrem ya :D
Perlu keberanian juga ya kang :D
jalan ke puncak b29 memang lumayan ekstrem
nggak ngebul lagi, kayak badai :)
malah lebih tinggi dari gunung bromo tuh, ada dibawahnya :)
banyak doa, dan mending dirumah aja biar aman :)
salam kenal juga, wah sampe merinding gitu :)
betul mas, pemandangan di b29 bagus banget
nah itu, kelok 44 bikin saya penasaran :)
supaya semakin berasa kelaki-lakiannya :)
dan kenekadan, mbonek :)
klo penikmat alam bilang, sebanding :)
ke bromo masih layak kunjung dengan mobil, beda jauh dengan tetangganya, b29 :)
betul mas, karena lagi kemarau, debu bisa dalemnya setengah meter, masker wajib pakai, kalo hujan kayak sawah
seremnya keren mas :)
monggo mbah dinan, kulo nderekaken dumugi b29
@Krisna, saya pake motor standar, malah temen saya naik grand jadul bisa ngelibas juga, memang bukan speknya, maksain :)
@mbah dinan, sempet papasan sama pesepeda, tapi banyak nuntunnya
mau dong mbah... kan aman klo sama saya
sekali-kali naik andong kayaknya menarik mbah :)
betul banget, harus sesuai aturan
hhh
opone sam?
siapa takut
jare sopo ..
apalagi kalo tambah sambel sama krupuk
dangdutan
kalo sama ibuke mending dirumah aja
Naik gunung pakai motor bener bener ekstrim banget. Butuh keahlian supaya ngga terjadi musibah dijalan
Motor Blade saya mana kuat hihihi
Tapi herannya rumah-rumah disana tergolong cakep dan kokoh.Itu kalau beli bensin dimana ? kalai pakai motor metic pasti lebih enak karena tidak ribet dengan kopling dan gigi ya ?
ini harus pake masker ya mas, banyak debunya nih :)
Benar sekali gan.... tahun lalu saya dan temen2 berencana mendaki semeru... persiapan cukup untuk sampai puncak... kami berlima dgn 3 spda motor... 1vixion 1vario dan 1mio....
rute yang kmi ambil adalah melalui tumpang-ngadas-ranupani...
sampe di ranupani kmi dikjutkan dgn berita buruk..bhwa pndakian ditutup krna ada pendaki asal tegal yang hilang. dan msi dlm proses pncarian...
ditengah kegalauan ada warga stmpat yg mnawarkan rute mnuju B29..melalui jalur yg agan ceritakan tdi... parahnya speda kmi adalah matic... dan bnyak kendala...mulai gk kuat nanjak krna jalan yg ekstrim sampe slh satu apda vixion khbisan radiator... bruntung prbekalan brupa air minum kmi bawa... sempat brpapasan dgn pnduduk suku tengger pncari edelweis...dan kita ditemani saat mmprbaiki motor
trek tersulit telah dilalui.. trek selanjutnya lebih landai.. bhkan vinish di puncak B29 kita brjalan menurun...artinya kita dtg dri tmpt yg lbih tinggi...so..bnyk yg heran lihat matic nongkrong di warung puncak B29... n pulangnya kita lewat jalur lumajang...brpapasan dgn para pndaki yg jalan maupun yg naik ojek..heran kali mereka...kok bisa ya...mio sampe puncak... hahaha...
sampai di desa terakhir..akomodasi kbutuhan pokok masih bisa d layani dgn angkutan truk.. dan lbih ke atas lagi spda motor pnduduk sana kbanyakan dirubah ukuran gearnya untuk kuat nanjak.. klo matic sama aja bunuh diri
sampai di desa terakhir..akomodasi kbutuhan pokok masih bisa d layani dgn angkutan truk.. dan lbih ke atas lagi spda motor pnduduk sana kbanyakan dirubah ukuran gearnya untuk kuat nanjak.. klo matic sama aja bunuh diri
Benar sekali gan.... tahun lalu saya dan temen2 berencana mendaki semeru... persiapan cukup untuk sampai puncak... kami berlima dgn 3 spda motor... 1vixion 1vario dan 1mio....
rute yang kmi ambil adalah melalui tumpang-ngadas-ranupani...
sampe di ranupani kmi dikjutkan dgn berita buruk..bhwa pndakian ditutup krna ada pendaki asal tegal yang hilang. dan msi dlm proses pncarian...
ditengah kegalauan ada warga stmpat yg mnawarkan rute mnuju B29..melalui jalur yg agan ceritakan tdi... parahnya speda kmi adalah matic... dan bnyak kendala...mulai gk kuat nanjak krna jalan yg ekstrim sampe slh satu apda vixion khbisan radiator... bruntung prbekalan brupa air minum kmi bawa... sempat brpapasan dgn pnduduk suku tengger pncari edelweis...dan kita ditemani saat mmprbaiki motor
trek tersulit telah dilalui.. trek selanjutnya lebih landai.. bhkan vinish di puncak B29 kita brjalan menurun...artinya kita dtg dri tmpt yg lbih tinggi...so..bnyk yg heran lihat matic nongkrong di warung puncak B29... n pulangnya kita lewat jalur lumajang...brpapasan dgn para pndaki yg jalan maupun yg naik ojek..heran kali mereka...kok bisa ya...mio sampe puncak... hahaha...
gan kalo berangkatnya lewat jalur pulang bisa gak?
bisa banget mas, kalo dari malang malah lebih deket
wah seru mas perjalanannya, betul matic agak maksain, jalurnya keren :)
3 kali saya ke B29 2x kampas kopling NVL saya jebol... 1x berhasil sampe puncak dengan rasa bangga.. untuk rute yg ke malang kayaknya belum pernah nyoba... kapan2 tak coba.. tp skrg B29 udah enak.. jalannya dah paving semua.. ga ada tantangan yg menarik..
Bagus postingan nya. B29 memang menyimpan banyak pesona. Kita harus bangga sebagai orang indonesia. Yang ingin mengetahui tentang trip ke kawah ijen silahkan buka
http://amingus.blogspot.co.id/2017/02/kawah-ijen-menghadirkan-suka-duka-dan.html?m=1
Bagus postingan nya
http://amingus.blogspot.co.id/2017/02/kawah-ijen-menghadirkan-suka-duka-dan.html?m=1
http://amingus.blogspot.co.id/2017/02/kawah-ijen-menghadirkan-suka-duka-dan.html?m=1
Kalo naik mobil mentok sampe mana ya.... pingin ngajak keluarga kesana. Seminggu yg lalu ke ranu pane dgn avanza. Naik aman, turun dr ranu pane nyampe pos, istirahat sebentar..... eeeh rem jadi blong. Terpaksa turun hrus pelan2 banget. Alhamdulillah masih selamat
Kalo naik mobil mentok sampe mana ya.... pingin ngajak keluarga kesana. Seminggu yg lalu ke ranu pane dgn avanza. Naik aman, turun dr ranu pane nyampe pos, istirahat sebentar..... eeeh rem jadi blong. Terpaksa turun hrus pelan2 banget. Alhamdulillah masih selamat
Salam satu aspal
mudahan tahun bisa gowes solo ...surabaya-bromo-b29- lumjang jember-bali-lombok
perjalanan menuju B29 memang sangat extreme jadi tidak disarankan menggunakan motor matic dan saran untuk mengganti ban yang biasa di pakai di motor trail supaya lebih mudah melewati jalan yang berbatu dan berdebu apalagi jika musim hujan tidak disarankan rute yang dilewati tadi mending ambil jalur desa Sumber Anom probolinggo dan selanjutnya melewati desa pakel yang tembus di kecamatan sukapura.
Silahkan komen dengan bijak dan sopan