Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman Kediri – Bajulan 2016

napak tilas rute gerilya jenderal soedirman kediri bajulan nganjuk 2016
Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman Kediri – Bajulan 2016 dilaksanakan pada tanggal 26 November 2016. Merupakan agenda rutin tahunan yang digelar untuk memperingati hari Pahlawan dan mengenang perjuangan Gerilya Jenderal Soedirman bersama pasukannya. Peserta napak tilas menempuh rute gerilya Jenderal Soedirman dari Kota Kediri hingga Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk sejauh 49 km.


Sebelum peserta Napak Tilas diberangkatkan oleh Wali Kota Kediri, acara dibuka dengan drama teatrikal yang menceritakan perjuangan Jenderal Soedirman beserta pasukannya melawan penjajah. Menjadi daya tarik sendiri bagi setiap peserta, karena mereka semakin menghayati bagaimana perjuangan Jenderal Soedirman. Dan secara tidak langsung menambah semangat dan daya juang untuk menyelesaikan rute yang akan ditempuh.

napak tilas rute gerilya jenderal soedirman kediri bajulan nganjuk  2016
Ribuan Peserta Napak Tilas di Garis Start

Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman Kediri – Bajulan 2016, dihadiri salah seorang cucu dari Jenderal Soedirman. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan ini dan beliu juga ikut memberangkatkan peserta napak tilas dari garis start.

Peserta napak tilas sendiri dibedakan menjadi dua kategori, yaitu kategori perorangan dan beregu yang berasal dari pelajar, umum, instansi atau organisasi. Kategori perorangan dikenakan biaya pendaftaran Rp. 15.000,- untuk pelajar dan Rp. 25.000,- untuk umum. Sedangkan beregu Rp. 35.000,- untuk pelajar dan Rp. 45.000,- untuk umum. Khusus untuk beregu diwajibkan membawa tandu mirip yang digunakan oleh Jenderal Soedirman. Bagi peserta yang menjadi juara sesuai kriteria panitia, disediakan hadiah total Rp. 20juta.

rute napak tilas rute gerilya jenderal soedirman kediri bajulan nganjuk

trek napak tilas rute gerilya jenderal soedirman kediri bajulan nganjuk
Melintasi rute hutan dan jalan setapak

Jumlah peserta Napak Tilas tahun 2016 ini mencapai 1700 orang, yang berasal dari berbagai kota di Jawa Timur dan luar Jatim. Kebanyakan peserta terdiri dari kalangan anak muda dan ada beberapa dari orang tua. Mereka sangat antusias dan bersemangat melibas rute yang telah ditentukan panitia.

peta jalan napak tilas rute gerilya jenderal soedirman kediri bajulan nganjuk
Panorama Indah Sepanjang trek Napak Tilas

jalur jalan napak tilas rute gerilya jenderal soedirman kediri bajulan nganjuk
Tempat yang nyaman melepas lelah

Saya sendiri mengikuti Napak Tilas yang ke 35 ini bersama 8 orang teman dan ikut dalam kategori perorangan. Menjadi pengalaman pertama saya menjadi peserta Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman. Jika melihat jarak tempuh napak tilas ini yaitu 49 km, hampir sama dengan jarak tempuh gerak Jalan Mojokerto – Surabaya sejauh 56 km yang pernah saya ikuti tahun 2013 lalu. Tetapi jauh berbeda trek jalan yang dilewati, karena rute Napak Tilas Jenderal Soedirman tidak hanya melewati jalan aspal yang datar. Trek yang dilewati medannya bervariasi, dibeberapa lokasi harus melewati pematang sawah, mendaki bukit yang cukup terjal, menyeberang sungai, melintas hutan dan meniti jalan setapak yang licin.

napak tilas rute gerilya jenderal soedirman kediri bajulan nganjuk 2016
Peserta Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman

Dengan mengikuti Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman Kediri – Bajulan, diharapkan setiap peserta semakin menghargai perjuangan Jenderal Soedirman dan bisa meneladaninya. Serta menumbuhkan jiwa patriotisme untuk memajukan bangsa, sesuai bidang kemampuan masing-masing.

Sumber: Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman Kediri – Bajulan, Nganjuk 2016
9 Komentar untuk "Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman Kediri – Bajulan 2016"

Wah keren bro...
selain dapat pengalaman, dapat pelajaran sejarah juga tentunya :)
sip sip sip...
:)

Ingin sekali mengikuti kegiatan semacam itu. Duh sayang jendral Soedirman tidak hidup di NTB hehe

seragam kaosnya keren orangnya juga gagah-gagah . .

Waw seru juga ya Hiehiehiehie iNi lebih manfaat kali ya daripada ikut DEMO hiheiheihie Opppss kelepasan

semoga acara napak tilsa Jenderal Soedirman tidak hanya seremonial semata, tetapi mampu membangkitkan motivasi para peserta napak tilsa padaperjuangan dan tekad bulat pak Jenderal....... dong mang

Diantara sekian peserta dalam foto, sampeyan yang mana mas hehehe

kak. tpi pas q ikut kediri-bajulan,ada yg bilang jaraknya 72, km

pernah ikut juga ya, yg tahun kemarin?
mungkin mba, itu juga saya dengar dari pembawa acaranya :)

foto paling bawah, tengah paling ganteng mba :)

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top