Petilasan Prabu Angling Darma Temanggung

situs petilasan angling darmo temanggung
Situs petilasan Prabu Angling Darma terletak di Desa Bojonegoro, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung. Sekitar 12 km arah barat laut dari pusat Kota Temanggung, berada di sisi kanan jalan raya jalur alternatif Kedu – Parakan via Desa Bojonegoro. Searah (setelah) jalan menuju ke destinasi wisata yang sedang ngehits di Temanggung, yaitu Pasar Papringan.


Petilasan Prabu Angling Darma yang oleh penduduk setempat juga dikenal sebagai Paseban Malawapati, memiliki kaitan erat dengan mitos yang diyakini masyarakat sekitar masih berlaku hingga saat ini. Dari cerita warga yang saya dengar, mitos tersebut berkenaan dengan pantangan menceritakan, bahkan mendengarkan atau menonton kisah yang berhubungan dengan Angling Darma. Baik cerita langsung, pementasan atau siarang media elektronik. Bagi siapa yang melanggar pantangan ini, dipercaya akan menerima akibatnya berupa bencana bahkan kematian.

lokasi petilasan angling darmo temanggung
Situs Petilasan Prabu Angling Darma
dengan background 2 gunung Kembar Sindoro dan Sumbing.

Selain kaitannya dengan mitos tersebut, petilasan Prabu Angling Darma desa Bojonegoro juga menjadi tempat ritual adat yang di selenggarakan rutin tiap tahun di Suro  (penanggalan Jawa).  Biasanya diadakan pada tanggal 12 Suro, dengan menggelar grebeg suro, diikuti warga setempat dan ribuan masyarakat yang tidak hanya berasal dari desa bojonegoro, tetapi dari berbagi penjuru temanggung, bahkan luar kota.

grebeg suro angling darmo temanggung
Proses pembuatan tumpeng Agung setinggi 2 meter

grebeg suro angling darmo temanggung
Doa bersama sebelum mengkirab tumpeng

grebeg suro angling darmo temanggung

grebeg suro angling darmo temanggung
Arak-arakan kirab aneka tumpeng hasil bumi

Dalam acara grebeg suro tersebut, dilakukan kirab beberapa tumpeng hasil bumi berukuran raksasa. Diantaranya ada tumpeng agung sebagai tumpeng utama. Kirab grebeg suro tumpeng agung dimulai dari Balai Desa Bojonegoro berkeliling melewati jalan desa menuju Paseban Malowopati Prabu Angling Darmo. Di tempat ini, tumpeng atau gunungan hasil bumi tersebut diperebutkan oleh masyarakat.

grebeg suro angling darmo temanggung

grebeg suro angling darmo temanggung
Ribuan orang hadiri prosesi grebeg suro

Grebeg suro di desa Bojonegoro, merupakan bagian rangkaian acara yang berlangsung selama beberapa hari. Ada gelaran wayang kulit semalam suntuk dan pasar malam. Untuk pasar malam berlangsung lebih dari seminggu dan selalu ramai pengunjung. Moment yang pas karena bertepatan dengan masa panen raya tembakau. Warga yang umumnya petani  tembakau bisa menikmati hasil jerih payahnya dengan datang ke pasar malam untuk berbelanja dan menikmati beragam hiburan.

Untuk tahun ini grebeg suro di petilasan Angling Darmo, sekitar setengah bulan lagi. Traveler yang kebetulan ke Temanggung jangan sampai terlewat keseruan acaranya.  Sekilas video grebeg suro tahun lalu:
Grebeg Suro Petilasan Angling Darmo

Sumber:
Lokasi Petilasan, Bojonegoro, Kedu, Temanggung
46 Komentar untuk "Petilasan Prabu Angling Darma Temanggung"

pengen banget ni ada disana ketika acara itu berlangsung, pasti banyak momen yang asyik buat di jadiin hunting.
bulan suro itu, kalau di masehikan bulan berapa ya mas ?

Saya belum.pernah nonton acara pawai grebeg satu suro, Penasaran juga tapi di daerah saya nggak ada.

Di atas disebutkan nama desa Bojonegoro tapi terletak di daerah Temanggung ya mas?
Soalnya di Jawa Timur juga ada namanya kota Bojonegoro. Sama ya namanya? tapi beda area dan lokasi..

tidak selalu sama mas, bisa berubah karena perbedaan jumlah harinya dalam setahun, kalo tahun ini bulan suro mulai bulan september ini.

bojonegoro temanggung nama desa, kalo yg di jawa timur nama kabupaten. kebetulan sama namanya

Menapak jejak petilasan para leluhur dan juga pejuang kesultanan memang perlu ya agar kita tahu siapa siapa pendahulu sejarah awal mula beradapan dunia ...

Jadi penasaran, aku jadi pengen lihat secara langsung nih, Mas.
Setengah bulan lagi berarti akhir Septermber ya, Mas?

Wah sebentar bulan suro nih, pastinya akan ada grebekan.
Mitos nya masih ada yang mempercayai, sungguh tradisi yang terjaga.

Seru juga ya acaranya dan cerita tentang angling dharma tersebut tentunya. Sekilas tadi sy pikir bojonegoro jatim, eh ternyata ada toh Desa Bojonegoro.

Wah kok grebeg suranya kayaknya bakal keren sih mas, duh sayangnya badan blm fit.. Pengen ke sana je

Yaaa bakalan kelewatan acaranya 😣

wah keren kayanya acaranya ya kang,, rame banget pastinyaa.. cuma jauh amat ya dari rumah akko di bogor.. moga deh kapan2 bisa liat dan datang ke acaranya ya

Belum pernah liat langsung tumpeng setinggi 2m.
Lokasinya juga adem ya dgn view gn Sindoro n Sumbing yg cantik.

Tumpeng setinggi 2m, aku membayangkan seupannya atau cetakannya sebesar apa haha
Pengen banget deh bisa lihat pagelaran atau acara upacara adat begini. Di Jakarta yang begini jarang sekali bisa ditemui langsung, cuma bisa dilihat di tv

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise, keindahan bromo dan sekitarnya. Jalan yang harus dilalui untuk sampai dilokasi ini cukup terjal, anda bisa menggunakan motor pribadi untuk bisa sampai ke puncak. Atau jika dirasa khawatir dengan jalanan nya anda bisa menggunakan jasa ojek penduduk lokal. Untuk tarif berkisar 50 ribu untuk sekali jalan dan 75 ribu untuk pulang pergi, pintar2 nego saja.

Waktu terbaik untuk ke tempat ini bisa sore atau pagi hari. Dijamin mata anda akan di manjakan oleh pemandangan alam yg luar biasa.

Travel Lumajang

Aku baru tau dari post kamu ini, kalau ternyata tokoh Angling Darma itu beneran ada ..., aku ngertinya selama ini cuma cerita fiksi di serial televisi.

Mitosnya banyak sekali aturannya ya,mas.
Entah ada alasan apa dibalik mitos itu ..., jadi penasaran pengin tau.

betul mas, masih kuat tradisinya

iya sama namanya beda tempat klo dijatim setingkat kabupaten

masih lama mba, ntar juga sudah fit, tgl 22 sept puncaknya. deket neh dari banjarnegara

lumayan jauh ya mba, sementara nikmatin disini :)

betul mas, lokasinya asyik banget dg pemandangan alamnya

gak dicetak kok mba, dibentuk sedikit demi sedikit :)

memang kuat sekali dg mitosnya mas, monggo mas dikunjungi grebegnya, kan deket :)

Acara kayak gini pasti turis2 asing suka nih.
Mungkin bisa jd ide bagus setiap ada event seperti ini dicantumkan ke sebuah site di mana para turis asing bisa tau segala jadwalnya.. ya gak sih? Kan lumayan yah, bisa semakin mengenalkan budaya indonesia dan turis asing ke indo bukan cuma ke baleeee muluk hehe. Jadi kepikiran pengen buat satu halaman setahun di indo ada event apa aja... di mana. Tapi yah belom kesmapaian cuma baru ide aja ._. hehe.

Wow! Tumpengnya tinggi sekali, 2 meter.
Jadi ingat Ateng sama sinetron Angling Darma kesukaan bapak.

Prabu Angling darma ada sejarahnya ya tak pikir cuma tokoh fiksi di acara televisi

Sekarang filmnya masih tayang di RTV

Prabu Angling Darma ini terkenal di film

Eh, ternyata beneran ada yang Angling Darma, saya tahunya di serial laga di tv-tv saja. Dan yang lebih kagetnya lagi, lokasinya di Temanggung.
Nah kalau bulan Sura ini memang cocok untuk hunting foto-foto atau event yang penuh akan budaya atau tradisi dari daerah masing-masing.

diadakan selalu tiap tahun tuh asik bangett, bisa jadi tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi

Jauh jauh, di jakarta paling ondel2 doang liatnya

apakah ini dilaksanakan pada bulan syuro (Jawa)?

Aku belum tau rute arah pastinya lewat mana, mas.
Mungkin sampeyan mau kasi infonya 😁

Baru tau malah saya ada petilasan macam gini di Temanggung.

Inilah uniknya kebudayaan yang Ada di Indonesia yang tidak akan kita temui di negara lain.

mudah kok mas, kalo dari alun-alun temanggung ke lampu merah perempatan pasar Kedu, dari sini ke kanan menuju jalan alternatif arah parakan, desa bojonegoro sekitar 6 km lagi. pake gmap jg bisa

jawa memang punya banyak event ya mas

wah baru tau aku ini
aku taunya cuma filmnya aja dulu sering nonton sekeluarga nebeng tempat tetangga hehehe suka banget sama filmnya
memang kalo di jawa sih masih kental sekali sama yang namanya acara acara beginian dan menjadi salah satu event untuk para wisatawan juga

saya pikir Angling Darma ini cuma ada di Tivi, ternyata ada bekas petilsannya yach... :)

Waaoo, ternyata Angling Darma itu beneran ada? Saya taunya film di TV hahaha.

Emang kayaknya semua kisah2 sejarah diangkat ke layar TV ya :)

pertama kali saya baca judulnya Angling Darma, mengingatkan saya pada film drama kolosal tahun 90-an, ternyata benar bahwa Angling Darma itu nyata ya mas. Seorang prabu.

Aku pikir anglingdarma itu cuma cerita fiksi...ternyata emang ada sejarahnya juga ya!... Pastes ibu bapakku suka nonton film ni!

hihih ngiler nih kang pengen nonton secara langsung petilasan grebeb ituu lho.. haduh kayanya asik ya kalau deket sana ada yang beginian, maklum di bogor gak ada yang gini2 kang.. ah jadi pengen kesana

tumpengnya gede banget….
jalannya bersih, dari kejauhan pegunungannya kelihatan sangat indah.

thank you for sharing

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top