Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

masjid agung jawa tengah semarang
Masjid Agung Jawa Tengah atau biasa disingkat MAJT, lokasinya masih berada tidak jauh dari pusat kota Semarang. Sekitar 3 km arah timur laut Simpang Lima Semarang. Tepatnya di jalan Gajah Raya, Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.


Masjid Agung Jawa Tengah merupakan bangunan masjid, yang tidak hanya sekedar sebagai tempat ibadah. Tetapi sudah menjadi destinasi wisatawan yang datang ke Kota Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah memiliki daya tarik wisatawan, karena desain arsitekstur masjid yang tidak biasa kita temukan di Indonesia.

lokasi masjid agung jawa tengah semarang

desain masjid agung jawa tengah  semarang
Desain Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah memiliki desain unik, memadukan unsur tradisi Jawa, Arab dan Roma. Seperti bentuk bangunan utama masjid yang berbentuk joglo, khas arsitektur Jawa.  Sedangkan desain  Arab nampak pada seni kaligrafi di dinding. Gaya Roma terlihat dari desain dinding luar dengan lengkungan dan tiang-tiangnya.

payung raksasa masjid agung jawa tengah  semarang
Payung Raksasa Masjid Agung Jawa Tengah

Daya tarik lain dari Masjid Agung Jawa Tengah adalah adanya payung raksasa yang  di tempatkan di serambi Masjid. Payung ini mirip dengan payung yang terdapat di Masjid Nabawi Kota Madinah. Terdapat 6 payung hidrolik raksasa yang dioperasikan secara otomatis, akan membuka dan menutup tergantung kondisi cuaca.

tower masjid agung jawa tengah  semarang

masjid agung jawa tengah semarang

tower masjid agung jawa tengah semarang
Al Husna Tower Masjid Agung Jawa Tengah, 
bisa menyaksikan MAJT dari atas, panorama Kota Semarang dan Pesisir Pantai Utara Jawa

Di area Masjid Agung Jawa Tengah terdapat bangunan lain yang juga menarik untuk dikunjungi. Yaitu Al-Husna Tower atau Menara Asmaul Husna yang memiliki ketinggian 99 meter. Pengunjung bisa naik ke puncak menara menggunakan lift yang disediakan.  Di puncak menara kita bisa melihat keindahan bangunan masjid pada bagian atasnya dan kota semarang hingga kejauhan. Bahkan pesisir pantai utara juga bisa kita lihat, terlebih disini juga sudah disediakan teropong untuk menjangkau pemandangan yang lebih jauh.

alquran raksasa masjid agung jawa tengah
Al Qur an Raksasa Masjid Agung Jawa Tengah

Di dalam Masjid Agung Jawa Tengah ada juga benda-benda dengan ukuran yang tidak biasa, seperti Al qur`an Raksasa dan Beduk raksasa.  Untuk fasilitas yang disediakan, disini sudah dibangun sarana perpustakaan, auditorium, penginapan, museum kebudayaan Islam, resto makanan dan kios cendera mata. Area parkir kendaraannya pun cukup luas.

masjid agung jawa tengah semarang
Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah resmi digunakan pada tahun 2006, diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono. Mesjid ini memiliki kapasitas jamaah sekitar 15.000 orang. Tiket masuk ke dalam area Masjid Agung Jawa Tengah Tidak dipungut biaya hanya, hanya untuk naik ke menara Asmaul Husna saja yang dikenakan tarif masuk.

Nah bagi anda yang sedang berkunjung ke Kota Semarang, jangan sampai terlewat destinasi wisata religi ini untuk dikunjungi.
13 Komentar untuk "Masjid Agung Jawa Tengah Semarang"

Desain masjidnya keren.
Suka dengan tampilan payung raksasanya,bikin jadi tambah unik pemandangannya.

Desain masjidnya unik, khas dan bergaya masa lalu. Kapasitas jamaah cukup banyak, bisa menampung 1500 jamaah, luar biasa keren!

kota kota mulai berlomba lomba untuk membuat sebuah spot untuk menyegarkan serta memfokuskan kegiatan ibadah.. sebuah perkembangan menuju positif..

cantiknya mesjid-mesjid ini, Tumben mas wes suwe ora update sampaian

ada senior datang admin secangkir teh sekerat roti

Sudah pernah berkunjung kesana, tapi aku salut loh sudut pengambilan fhotonya keren bangat.

Desain masjidnya top markotop
payung raksaanya itu lho yang bikin penasaran pengen lihat kesono

masjid yang bagus
hamparan terasnya luas banget

Jadi inget tahun kemarin sempat main ksni kak sekali ke mesjig agung jateng semarang,, subhanallah ya mesjidnya gede banget, tapi karena aku kesana pas siang, emang kerasa panas banget yaa..

Bagus banget masjidnya. Sudah kepengen kesana dari tahun lalu...tapi ga berangkat2. Semoga habis lebaran bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri masjid agung jawa tengah

melihat Gambar Masjid diatas saya seperti sedang wisata relegius, bikin adem. :) walau dompet kembang kempis. :)

Betah bangeeet duduk di masjid agung semarang, indah banget.. Bangunannya megaaah

Lengkap bener fasilitas nya, cocok dijadikan sentral pendidikan Islam hehe

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top