Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung

lokasi pasar papringan ngadiprono temanggung
Pasar Papringan Ngadiprono beralamat di Dusun Ngadiprono, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lokasinya sekitar 6 km barat daya dari pusat kota Temanggung, searah dengan jalur jalan raya menuju Parakan atau Wonosobo. Patokannya yaitu perempatan lampu merah pasar Kedu, di sini ambil jalur ke arah kanan atau utara, lokasinya hanya sekitar 2 km lagi.

Kunjungi Juga: Wisata Menarik di Temanggung

Pasar papringan ngadiprono bukan pasar biasa, sesuai dengan namanya pasar ini digelar dibawah rerimbunan papringan atau pepohonan bambu. Pasar papringan tidak dibuka setiap hari, tetapi hanya hari Minggu Wage dan Minggu Pon saja. Artinya hanya sekitar 2 minggu sekali. Setiap buka dimulai pukul 06.00 wib hingga pukul 12.00 wib. Pengunjung dalam setiap gelarannya selalu membludak, biasanya ribuan orang datang kesini.

pasar papringan ngadiprono temanggung
Keramaian Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung

uang pring pasar papringan ngadiprono temanggung
Kepring, Alat Pembayaran di Pasar Papringan

Saat saya berkunjung ke Pasar papringan Ngadiprono, banyak hal unik yang saya dapati. Seperti mata uang yang digunakan untuk bertransaksi bukan rupiah, tetapi kepring (keping uang pring). Kepring terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa menjadi alat pembayaran. Satu kepring bernilai Rp. 2.000,-, jadi sebelum bertransaksi dengan pedagang, uang rupiah harus ditukar dengan kepring tersebut.

jajan pasar papringan ngadiprono temanggung
Jajan Pasar dan Aneka Kletikan

minuman khas pasar papringan ngadiprono temanggung
Minuman Khas di Pasar Papringan
Kopi Tubruk, Wedang Ronde, Wedang Pring dll

Dengan kepring kita bisa membeli beragam olahan kuliner tradisional yang  jarang kita temukan di tempat lain. Kuliner yang dijajakan diantaranya nasi jagung, lontong mangut, dawet anget, soto lesah, pecel, gudeg,  nglemeng, ndas borok, grontol jagung, wedang ronde, wedang tape, kopi tubruk, wedang pring, dan beragam aneka jajan pasar. Harga tiap item relatif cukup murah dan yang pasti semua makanan dijual merupakan makanan sehat. Karena makanan di pasar papringan diharuskan berbahan alami tidak boleh menggunakan bahan pewarna, bahan kimia, penyedap rasa atau micin.  

lokasi pasar papringan ngadiprono temanggung
Hasil Tani Masih dalam Keadaan Segar

mainan pasar papringan ngadiprono temanggung
Aneka Mainan Tradisional

Disini tidak hanya menjual kuliner siap santap, di pasar papringan Ngadiprono juga menyediakan aneka hasil tani yang belum diolah. Seperti ubi, pisang, cabai, petai, aneka  sayuran dan hasil kebun lainnya, semuanya dijual dalam kondisi masih segar. Beberapa jenis hewan ternak juga bisa kita dapatkan, seperti kelinci dan marmut. Mainan tradisional yang sudah sangat jarang kita temukan, bisa kita memiliki dengan harga sangat murah. Menjadi media nostalgia buat orang tua dan mengenalkan mainan tradisional masa lampau bagi anak-anak kekinian jaman now di era dolanan gadget.


pasar papringan ngadiprono temanggung
Area Bagi Para Penyuka Asap

tubing pasar papringan ngadiprono temanggung
Green Tubing Juga Ada, Bisa Dicoba

Pasar Papringan Ngadiprono tidak hanya menawarkan beragam olahan kuliner dan hasil tani, di tempat ini juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Area pasar merupakan kawasan bebas asap rokok, karena itu bagi perokok disediakan kawasan smoking area, sehingga tidak mengurangi kenyaman pengunjung lain yang tidak merokok. Bagi ibu menyusui disiapkan bilik menyusui, ada pula fasilitas perpustakan.

fasilitas mainan pasar papringan ngadiprono temanggung

pasar papringan ngadiprono temanggung
Wahana Dolanan Anak, Bahagia bagi Orang Dewasa

perpustakaan mata air pasar papringan ngadiprono temanggung
Perpustakaan Bernuansa Alam Terbuka

tukang cukur pasar papringan ngadiprono temanggung
Yang mau cukur juga ada

Untuk anak-anak bisa bermain dolanan anak di area play ground, seperti engrang, bakiak, ayunan bambu, dan lainnya. 

Harga tiket masuk Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung free alias gratis, hanya dikenai tiket parkir jika membawa kendaran.

sepeda bambu pasar papringan ngadiprono temanggung
Sepeda unik dengan frame Bambu

Pasar papringan Ngadiprono dikelola oleh Komunitas Spedagi dan Komunitas Mata Air, serta membahu bersama warga setempat, menghadirkan pasar yang bisa memberi nilai ekonomi bagi warga. Dan tidak hanya  sekedar nilai ekonomi, jika menilik ke belakang, sebelumnya tempat ini merupakan kawasan kotor dan kumuh tempat membuang sampah. Sangat jauh berbeda kondisinya saat ini, bersih terawat dan terjaga kelestariannya, karena pengelolaan Pasar Papringan dibarengi dengan usaha konservasi lahan bambu.

Jadi buat anda traveler, akhir pekan libur panjang ini mesti diagendain untuk datang ke Pasar papringan Ngadi Prono Temanggung. Nikmati jajanan pasar tradisional sehat, di bawah rerimbunan papringan dengan hawanya yang sejuk, pasti akan menjadi pengalaman yang menarik.

Sumber: Lokasi Pasar Papringan Ngadiprono, Temanggung, Jawa Tengah.
60 Komentar untuk "Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung"

unik juga lokasi pasarnya dibawah pohon bambu, tpi hati2 bulu halus bambu lumyan gatal loh.... :)

Wuih pasarnya keren, mainannya juga anti mainstream dan emang bener, liat gambarnya aja udah kek nostalgia ke jaman 90an, Itu congkak mainan masa kecil ituuuu hihi

wah ngakak aku lihat papan di atas bang ada london ama Mekkah mantap nian, eh ada congklak suwe aku ora main permainan ini

Pasar papringan Ngadiprono, saya lebih tertarik dengan perpustakaannya. Karena saya suka membaca dan mengoleksi buku. Transaksinya ini lo, unik diluar pakem. Coba seandainya seluruh indonesaia menggunakan kon bambu, dirumah saya banyak sekali jadi tidak perlu bersusah payah kerja ya? :D

suwertekewer-kewer kalau pasar yang satu ini pas disebut dengan pasar papringan, soalnya berada di tengah hutan Pring (bambu), bahkan semua benda termasuk sepeda yang dijualnya pun rangkanya terbuat dari PRING....manakan dan kopi yang dijualnya pun kayanya dari olahan pring ya mang?....nggak keiles

pasar yang unik mas, tapi wujud kepring nya seperti apa ya

lebih hemat karena tak perlu membuat tenda karena sudah rimbun dan rindang, kalo lihat dari gambar2 diatas sepertinya sejuk mas ya

Bener juga, kenikmatan akan terasa, dan bahkan bertambah disaat garukan demi garukan itu lebih kuat..haha

Iya itu. Foto paling atas lucu banget. Kreatif.

Mas Wong pergi sama Sha ya?

Baru tau ada pasar unik seperti pasar papringan ,.. kebetulan tempatnya tidak jauh dari kota saya Kebumen,.. bisa jadi destinasi wisata selanjutnya nih

Wah gokil nih pasar nya, keren euy..
Saking lengkap nya sampe tukang cukur juga ada😎😎😎

hahaha.. bernikamt dahulu, sakit kemudian :)

hehe iya mas, unik penunjuk arahnya
monggo congklakan disana

Unik juga ya mas pasarnya
saya pernah baca di postingan blogger lain tentang pasar ini.
tapi saya belum pernah mampir kesana
Indonesia itu memang unik
hal sederhana bisa jadi tempat yg keren

Sampai uangnya jg khusus ya. Yang dijual jg harganya nggak bisa ganjil itu,karena 1 kepring bernilai 2000 😂

wow ramai sekali pasarnya
ya Alloh sedang mencari apa saja orang-orang tersebut ya

JIAH....KEBIASAAN buruk mulai lagi deh.....males ngblog, ntar pas muncul dan jawab komen....jawabannya MAAF SIBUK OFFLINE....hadeuh....PRETT BANGET DEH...iH

wah.. keren nih.. pasar tradisional yg lain dari biasanya..
unsur alam di munculkan.. udah kayak jaman pajajaran.. hihi..
keren kreren... barang yg dijual juga mengandung unsur tradisional..
bisa nostalgia nih nagi orang2 yg umurnya di atas 40an..^^

ora payu mas, ngomahku yo okeh pring :)

komentar yg jeli :)
bbetul mang, semua yang dari bambu ada, makanan ada sayur rebung, minuman ada wedang pring, sampeyan harus penasaran mang, dianjurkan segera kesana :)

ada gambarnya mas diatas, coba cek lagi :)

Sesuai dengan namanya Papringan
Sepada dan mainan pun dibikin dari bambu betulan
Sungguh unik dan menyenangkan
Bagi pembeli dan yang jualan

sejuk banget mas, pengunjung jadi betah berlama2

lumayan deket dari kebumen, monggo mas dikunjungi

kalo mau cukur jangan lupa ke sini :)

betul mas, tinggal bagaimana mengelola dan memaksimalkan daya tariknya

betul mba, harga termurah ya 1 kepring

sedang mencari kebahagiaan sepertinya mas :)

kalo sudah hapal kebiasaan saya jangan baper ya mang :)

Wah ada ya yang kaya gitu, unik sampe uangnya aja harus pake bambu :D

Apalagi garuknya rame2...... :)

Nggak nyangka di zaman kekinian masih ada pasar tradisional yang super unik, di kebun bambu kita shopping dulu, aduhai penasaran hatiku

Semoga jadi inspirasi buat kota lain sebagai aset wisata unik

Asyik tuh ngopi tubruk ditengah rimbunnya pohon bambu

Penasaran sama sesasi baca di perpustakaan alam terbuka. :D

wahh... temanggung punya tempat seru ternyata, beberapa kali ke temanggung gak tau kalau ada tempat ini.

betul mas, ditemenin yg bikin :)

terasa ada sesuatu yang beda :)

Ini pasar punya mata uang sendiri. Enak tuh kalau malsuin duitnya. Mirip koin-koin kalau main di timezone.

gelaranya hanya hari tertentu, jadi gak tiap hari ada mas

Hal sederhana bisa jadi tempat wisata sekaligus ini

Wah keren ya pasarnya..
Masih menjaga nilai-nilai tradisional dan ini tentu menjadi ajang menarik bagi anak untuk semakin mengenal mainan tradisional.

Perpustakaannya juga keren dan cara pembayaran unik, bikin pengen segera kesana..

Tapi sudah lama saya tidak ke temanggung..
Lama sekali..

Bener bener pasar terbaru nih..di papringan bisa di jadikan pasar,,rame banget lagi...pebgin berkunjung nih mas..

Kayanya pernah liat di tv, seru ih...

monggo dikunjungi mas, obat kangen :)

betul menarik kang, sesuatu yg jadul menarik dimasa sekarang

betul banget mba, pernah tampil di kickandy.
malah ada liputan dari media luar negeri

Dulu sempet punya rencana ke sini, tp gagal mulu.. Duh, kapan ya bisa ke pasar papringan :(
Baru bisa baca postingan yg cerita pasar papringan aja udah seneng bvt ih

penuuuuh banget! kemaren pas sha ke sana gak sepenuh ini. Apa karna udah agak siangan ya? makanan jg berarapa udah ada yg abis sih :(

cuma ada di temanggung ya...kapan bisa kesitu ya...jauh dari tangerang :)
http://www.cakapcakap.com/

Mohon info apakah Pasar Papringan Temanggung buka pd Lebaran ketiga tgl 17 Juni 2018 (Minggu Pon)? Terimakasih

maaf belum ada info, biasanya seminggu sebelum gelaran pasar, baru ada info, bisa cek langsung di instagram pasar papringan, disitu selalu updet info

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top