Tubing Desa Winong Banjarnegara

tubing desa wisata winong bawang banjarnegara
Tubing Winong Banjarnegara atau dikenal dengan Botan’s river tubing, berada di Desa Winong, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Sekitar 10 km arah barat dari pusat kota Banjarnegara. Untuk menuju ke lokasi jalur jalan sangat mudah untuk dilalui kendaraan, hanya saja belum ada angkutan umum. Bagi pengunjung disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Dari jalan raya utama Banjarnegara, terdekat bisa melewati Mantrianom atau Bawang ke arah selatan, dari sini masih sekitar 3 km lagi.

Cek Juga Lokasi Wisata Lainnya:

Tubing Desa Winong tergolong wisata baru di desa tersebut, sejalan dengan geliat pengembangan desa wisata yang sedang digalakkan di Kabupaten Banjarnegara. Tubing desa winong dikelola oleh Pokdarwis Dewi Sri desa Winong, menawarkan wahana tubing dengan menyusuri aliran sungai irigasi. Sungai irigasi yang menjadi jalur tubing, sebenarnya berfungsi sebagai penyuplai parit-parit irigasi yang  yang mengaliri area lahan pertanian desa Winong dan desa-desa sekitar.

lokasi wisata tubing winong bawang banjarnegara

tempat tubing winong bawang banjarnegara

harga tiket tubing winong bawang banjarnegara
Trek Wisata Tubing Desa Winong Banjarnegara
Foto: FB dan IG Botan’s tubing winong

Jalur tubing di sungai irigasi desa Winong tidak terlalu deras, dengan kedalaman rata-rata sekitar 1 meter, termasuk aman untuk anak-anak. Menurut informasi dari mba Nanik yang bertugas dibagian marketing, tubing terdiri dari 2 paket yaitu, pertama Short tubing atau irigation tubing dengan panjang lintasan sekitar 1 km, biayanya Rp. 15.000,-/orang per trip. Paket kedua yaitu long tubing atau river tubing dengan panjang lintasan sekitar 3 km, biayanya Rp. 30.000,-/orang per trip. Sudah termasuk free hot coffee/tea, lumayan untuk menghangatkan badan setelah berendam di lintasan tubing.

Tubing desa Winong Banjarnegara, oleh pengelola dikemas menjadi wahana wisata yang ramah anak, jadi bisa dinikmati oleh semua kalangan usia. Selain ramah anak, jika melihat tarifnya sangatlah murah dan terjangkau, dibanding dengan wahana serupa yang ada di tempat lain.

Pokdarwis Dewi Sri (Desa Winong Asri) yang diketuai oleh pak Suprihanto juga terus berusaha mengembangkan fasilitas dan sarana pendukung tubing. Hal ini tak lepas dari dukungan kepala desa Winong, pak Mardjono selaku penasihat. Bersama tim pengelola,  selain tubing juga sedang dikembangkan wahana/destinasi wisata lain. Beberapa bahkan sudah bisa dinikmati pengunjung, diantaranya fasilitas outbond air, kolam parak iwak (ikan), memberi makan sapi di peternakan sapi dan mengunjungi industri nughet dan keripik tempe.

lamat outbond di desa wisata winong banjarnegara
Out Bond Air dan Parak Iwak (ikan)
Foto: FB dan IG Botan’s tubing winong


Dengan kondisi Dewi Sri (baca: Desa Winong yang Asri) dan alam desanya masih khas, sangat memungkinkan potensi wisatanya bisa terus dikembangkan.  Menjadi paket destinasi wisata terintegrasi yang beragam dan menarik.

Spot Foto Instragamable di Desa Winong

Spot Foto Kece di Desa Winong 
dengan Backdrop Gunung Slamet

Traveler, menarik anda ketahui, di desa Winong ada beberapa titik spot panorama yang sangat menawan. Anak jaman now bilang katanya instragamable. Ingat waktu jaman SD, jika menggambar pemandangan ada dua gunung berjejer kemudian terbit matahari di tengahnya? Ya ada spot ini disini, Gunung Sundoro dan gunung Sumbing nampak berdampingan dari kejauhan, dengan view persawahan, lokasi ada di kemplang (masih sekitar lokasi tubing atau tanya penduduk setempat persisnya). Kemudian spot di dusun Krucil, yaitu pemandangan persawahan dengan backdrop Gunung Slamet juga istimewa, untuk yang ini sempat mengabadikan gambarnya. Moment tepat mendapat panorama yang bagus, biasanya pagi hari.

Nah bagaimana sobat traveler dan blogger, sangat menarik bukan? Dari pada penasaran, datangi langsung desa Winong, Banjarnegara. Desa yang sedang bergeliat dengan potensi wisatanya. Rasakan sensasi hanyut ala Paijo dan Paijem di kalen, seperti dalam  Legenda Asal-Usul hari Valentine  dari Banjarnegara.

Sumber:
- Mba Nanik, marketing Pokdarwis Dewi Sri
- Beberapa Gambar dari IG dan FB Botan’s river tubing
- Gambar koleksi pribadi di Desa Winong
56 Komentar untuk "Tubing Desa Winong Banjarnegara"

Hahaha...
Saya juga suka gambar pemandangan waktu SD tapi mataharinya suka pindah-pindah. Kiri kanan oke, hehehe

Wisata bareng keluarga dan sahabat kayaknya seru ini mas
tapi sayangnya saya gak bisa berenang upst

renang gaya batu mas, gampang, dijamin tenggelam :)

Wah sempet merencanakan tubung winong, tp blm kesampaian nih.. Hhh

monggo mba Ella, yang deket duluan :)

saya pernah nich nonton di Tivi tentang main2 di air di Irigasi diatas, jng2 yang saya tonton aksinya mas Wong.Seruuu..yach... :)

Serius, paling suka nenggelamin teman, hahah. Tapi emank seru bngta klo wisata sama teman2.

Hi. Saya pendatang baru di sini. Kenalkan ya

Wah nama bekakang mu kok mirip nama salah satu tersangka penipuan uang Jamaah ya. Bos First Travel.

Seger juga tuh maen air.
Bisa santai juga sambil nganyut pake ban dan nikmati pemandangan hijau.
Jadi pengen..

ada yang pake baju ijo nggak mas, mungkin itu :)

@idris wah kejem tuh mas nenggelamin :)
@administrator setau saya hasibuan nama marga dari batak, ya banyaklah yg pake

Hi administrator, mari salaman :)

silahkan mas Rudi, berhanyut ria di sungai

Paling enak kalau main wahana air sambil tubing bersama teman, tidak usah khawatir bila tidak bisa renang, karena semua sudah diperhitungkan secara matang untuk kenyamanan dan keselamatan pesertanya yang selalau mendapatkan pengawalan ketat dari para petugas yang telah terlatih. Yuk..... main air.....

Dulu suka berhayal bisa ke gunung bareng keluarga terus makan di sawah, berhubung bisa sedikit menggambar jadi waktu kecil suka gambar orang lagi piknik dibawah gunung sampingnya sawah haha pas SD

kayaknya tempat seluncurannya itu bisa menjadi penyehat jantung ya mas, uji jali dan kekuatan mental. Saya suka, saya suka

wah saya kalau sudah main air mas biar dimana juga suka banget apalagi kalau berendam seperti ini

Lagi musim nih kayaknya river tubing. Saya juga lagi bikin proyekan river tubing nih, hihi
Dan ternyata asal kreatif dan jeli, saluran irigasi pun bisa menjadi salah satu wahana wisata ya, keren!

Wah kayaknya seru nih. Bisa ngilangin stress juga.

Weh ..cakep tempatnya, cocok untuk wisata reonian ya mang,biar lebih seru..

Murmer sekali yaa...buat seru-seruan sama keluarga asyik, nggak terlalu seram juga. tapi sy sih nggak mau nyobain *atut :D

untuk anak safety banget
pakai helm dan jaket anti peluru juga

Kreatif banget pak Darwis mampu memaksimalkan potensi desanya meski cuma kali tapi dikemas jadi outbond yang menarik

wah seru juga ya mas, bagus neh buat wisata keluarga... bisa seru-seruan ngajakin anak

rata2 jaman sd pada seneng nggambar gunung ya :)

bisa dicoba mas, semoga jantungnya tambah sehat :)

cocok berarti ma, buruan aja kesana

wah keren tuh mas, tinggal bagaimana memaksimalkan potensi yang ada

iya mba pas tubingan stres ilang, klo sudah pulang nggak tau :)

monggo mas dwi, ketemuan disini :)

nyobain dulu aja mba, pasti ketagihan :)

jaket pelampung kali mas :))
kayak mau perang pake jaket anti peluru wkwkwk

bukan pak Darwis kang :)
PokDarWis (kelompok Sadar Wisata)
iya kang memaksimalkan potensi yang ada

betul mba, seru-seruan liburan bareng keluarga tercinta

wahhh asik banget nih, jadi pengen kesana

widih... mantep nih buat outbound n rafting-nya..
saya dulu pernah punya usaha outbound di kota malang.
tapi g ada raftingnya..

outbound2 seperti ini memang bagus di tempat2 yg sejuk seperti Tubing Desa Winong Banjarnegara ini. view alamnya menambah daya tarik

kayanya kalo maen air sampe 3 km seperti ini puas juga ya. destinasi wisata yg bagus untuk di coba apalagi aman bagi anak anak

segera saja coba dan ajak ajak ya

yap bener, asalkan jeli dan mau belajar, inspirasi pasti muncul...

Seru main tubing rame2 begini.
Kalaupun datangnya ngga bareng temen, di lokasi juga pasti mudah dapet kenalan baru karena trip nya fun...
Jadi pada cepet akrab di lokasi.

Wah seru sekali gan..
Apalagi dengan arum jeram pakai ban bekas nya seperti itu..

Sunrise Di sana bagus banget kayaknya Mas...

bakal lebih aman kalau bermain disini ya sam,soalnya arusnya nggak gede

koq kesana nggak ngajak saya sih

Oh ga terlalu deras, cocok ya buat pemula ky saya

Ini tempat yang menarik untuk dikunjungi, siapa tahu ada tanah yang dijual murah disana...hehehehe

saya dulu pernah kebanjarnegara arum jeram bersama teman-teman menyenangkan sekali cukup menghibur liburannya

Waaah, boleh juga nih Desa Winong kalau suatu saat saya ke Banjarnegara.

Coba nanti lebaran kita buktikan...

monggo mas khanif :)
mampir yo

Tubing kini memang sedang booming.
Apalagi kalau memberdayakan desa, tentu tambah plus nilainya.
Tapi meski dikelola desa, kudu profesiona ya. Agar tidak tergerus masa.
Apalagi kalau pengunjungnya ada netizen.
Tahu sendirikan ya gimana netizen bertindak, jika menemukan hal-hal yang tidak diinginkan. Langsung viral aja!

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top