Pagoda Avalokitesvara Watugong Semarang.

lokasi pagoda avalokitesvara watugong semarang
Pagoda Avalokitesvara Semarang berada di dalam area komplek Vihara Buddhagaya yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Watugong, Semarang, Jawa Tengah atau di sisi kiri Jalan Raya Semarang arah Solo. Sebagai patokan, Pagoda Avalokitesvara tepat di depan Markas Kodam IV Diponegoro. Dari pusat kota Semarang jaraknya sekitar 12 km arah selatan, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit tergantung kondisi kepadatan lalu lintas.

Jangan lewatkan, Wisata Ngehits di Semarang

Untuk masuk ke area Vihara  Buddhagaya dimana Pagoda Avalokitesvara berada, pengunjung bisa datang mulai pukul 07.00 wib. Harga tiket masuk ke lokasi ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Pengunjung hanya cukup membayar biaya parkir seikhlasnya, yang diberikan kepada petugas di pos pintu masuk.

lokasi alamat pagoda avalokitesvara watugong semarang
Pagoda Avalokitesvara Berada di Sisi Kanan Jalan Raya Arah ke Semarang

Didalam komplek Vihara Buddhagaya terdapat beberapa bangunan yang memiliki nilai sejarah, religi dan keunikan. Pagoda Avalokitesvara  sebagai ikon tempat ini, merupakan bangunan dengan tinggi 45 meter.  Karena ketinggiannya inilah pada tahun 2006, MURI pernah menobatkan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

monumen watu gong semarang
Monumen Watugong di Depan Gerbang Vihara

Disini juga terdapat monumen yang terletak di pelataran depan komplek Vihara, menyambut setiap pengunjung yang datang ke Vihara. Monumen tersebut memiliki nilai sejarah tinggi, karena menjadi nama kawasan ini. Monumen tersebut berupa bongkahan batu yang dikenal sebagai Watugong. Disebut Watugong karena batu  ini memilik bentuk seperti Gong.

Jika masuk ke area bagian belakang komplek Vihara, terdapat patung Buddha tidur. Sesuai namanya patung ini merupakan patung Buddha dengan posisi tidur miring ke sebelah kanan. Patung Buddha tidur ini dibalut dengan pakaian berwarna emas

patung budha tidur pagoda avalokitesvara watugong semarang
Patung Buddha Tidur di Sebelah Pagoda Avalokitesvara

phohon bodhi pagoda avalokitesvara watugong semarang
Pohon Bodi di depan Pagoda Avalokitesvara

Didepan Pagoda Avalokitesvara  terdapat Pohon Bodhi yang tumbuh rindang. Pohon ini tidak seperti pohon pada umumnya, karena pada bagian ranting banyak terikat pita berwarna merah  dengan beragam tulisan.

pagoda avalokitesvara watugong semarang

pagoda avalokitesvara watugong semarang
Pagoda Avalokitesvara

Nah bagi sobat traveler yang berencana ke Semarang, Pagoda Avalokitesvara  bisa menjadi salah satu destinasi wisata anda yang menarik.

Sumber: Lokasi Pagoda Avalokitesvara  Semarang
71 Komentar untuk "Pagoda Avalokitesvara Watugong Semarang."

Jadi inget sama dewa pagoda yang ada di film Sun Go Khong....

Saya kira Pagoda itu tempat ibadah yang hanya boleh didatangi penganut Budha, tapi ternyata sudah menjadi tempat wisata yang dikunjungi traveler sebagai salah satu keindahan di Semarang.

Ternyata keren juga area dalamnya,ya.
Ngga cuma terlihat keren dari dinding luar halaman ☺

Beberapakali aku lewat vihara ini,tapi belum sempat memasukinya.

Saya suka dengan hal yang gratis-gratus ,seharusnya memang begitu. Semoogal lain waktu bisa wisata kesana.

Tiga patung yang ada anak kecilnya itu patung apa ya?

Saya sebagai penganut yg Gratisan juga suka mas Bumi

Semoga saya bisa main main kesana nanti
sekarang masih cuma keliling kost aja dulu

Dari pinggir jalan terlihat ya. Biasanya kan agak masuk gitu kalau tempat2 seperti ini

ini pagoda tapi tampilan jauhnya miring ya kayak menara pisa

Kalau di Korea ini dihuni sama Son Oh Gong, aku jadi ingat drama koreanya.

wah di kota Semarang ada juga ya pagoda seperti yang ada di Thailand
ini merupakan sebuah kebanggaan kota Semarang khususnya dan Indonesia pada umumnya

Sepertinya saya pernah lewat daerah sini,cuma saya pikir pagoda ini cuma seperti halnya wahana-wahana yang sengaja dibuat untuk kprluan rekreasi..ternyata ini pagoda bersejarah tho..suwun kl ngono..

ingat Pagoda, saya jadi ingat permen yg dijual di Toko2, yaitu permen Pagoda, Bangunan Pagoda memang keren sebab rata2 semua orang tahu dan mengenalnya. :)

Wah bisa jadi destinasi wisata nih kalau ke Semarang lagi.

Seru.. Bisa belajar banyak hal sambil berwisata 😊

Bisa jadi referensi wisata lagi nih kalo lagi liburan bingung mau kemana, hehe

Waa keren kak. Kemarin k semarang cuma sempat k shampoo kong. Soalnya cuaca lagi panas banget, ga kuat paanas2an hehe btw makasi kak, nanti ak lebaran k semarang mau main ksna ahh

Boleh dikunjungi siapa saja, asal tetap bersikap sesuai tatakrama di tempat ibadah

katanya sih harapan dari yang nulis, dan tdk terbatas dari penganut agama tertentu

sesama penyuka gratis harus akur :)

kurang paham mba, mungkin patung dewa

pemanasan dulu mas keliling kos2an :)

iya mba, ini deket banget dengan jalan utama, malah jadi mudah diakses dan menemukannya

efek foto dari jauh dan sudut bawah saat foto mas, jadi keliatan miring. aslinya tegak lurus

Tinggi juga ya sampe 45 meter , kalau rumah bisa 10 tingkat kali ya

jadi kepengin ke korea mba :)

sesuai fungsinya mas, sebagai tempat ibadah, orang umum diperkenankan untuk mengunjunginya

monggo mba dikunjungi kalo ke semarang

jadi sudah nggak bingung ya untuk destinasi :)
bingung ongkosnya

di semarang hampir sepanjang hari selalu panas mba :)
enaknya pagi2 klo mau eksplore semarang

coba bikin mas, rumah setinggi 45 meter :)

Ya,bro.Thanks ☺
Vihara satu ini masuk jadwal tripku selanjutnya

arah solo toh, pantesan waktu searching2 wisata semarang gak satu pun nemu ini. Karena jauh kali dari kota ya?

saya sudah loh bro kesana, kamu mah betah maen sama kecoak mulu di kosan :(

Susana nya memang enak disana dan murah pula, hanya bayar parkir kala itu

Asyik banget jalan2 suasaanya juga menyenangkan cocok nih buat foto-foto disana

yaa mudah2an para pengunjung yang kebetulan berbeda agama dan tdk beribadah dsni masih bisa menjaga toleransi beragama serta mau menjaga keindahan dan kelestarianya...beeeh super sekali komenku nda..

ikuuuut kayane ada yang gratisan nih apaan yak

Waah tahun lalu aku pernah kesini nih, instagramable bgt tempatnya

Di Semarang selain ada klenteng ada vihara juga, wah banyak spot wisata yang cocok untuk dikunjungi waktu liburan.

haha... nggak biasanya ya mas :)

iya mba arah solo, sekitar 10 km an lah dari semarang kota

yang murah selalu menarik, selain tempatnya memang keren

Waktu ke semarang temenku ga ngajak ke sini, cuma ke klenteng Sam Poo kong
Mungkin karena jauh kali ya dr pusat kota semarang

wah keren juga wisata dan tempatnya, pengen juga kesana jika ada waktu nanti

widihh.. pagodanya.. berasa nonton film kera sakti....

Sewaktu di Semarang, aku sempat mampir kesini dan foto-foto. Pagodanya megah.

Arca pagodanya pas buat nyelvie, poto selvie dengan arca pagodanya boleh kagak mas

wahhh iya tuh mas, pas sun go khongnya dijadiin patung ya...

10 kiloan mba dari kota semarang, nggak terlalu jauh

pake saos mas, biar berasa pedas :)

memang menarik untuk dijadiin objek foto

boleh selfi mas, wefi se erte juga boleh :)

penggemar sungokong ya mas :)

jadi pengen jalan-jalan ke semarang mas kalau lihat foto nya bagus semuanya..

Iyaa betul, yang penting mah gak murahan saja , haha

Oh kera sakti itu, sekarang kan tayang lagi.

susah ya mas baca namanya itu.
masuknya gratis ya. kalo parkir wajar aja bayar biara ada yang jagain

Ini yang ke arah Simpang Lima bukan kalo dari arah perempatan Lawang Sewu.kalo iya saya pernah lewatin tp belum sempat berkunjung

halah wong jenenge ae gratisan mas bray...mesti melu duooonk

Waah, beberapa kali saya ke Semarang, tapi belum pernah ke sini. Boleh nih, Mas, makasih infonya yaa.

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top