Clean the City 2019 Temanggung

clean the city 2019 temanggung
Clean the City 2019 dilaksanakan lebih dari 50 kota di Indonesia, tepat pada pagi hari 1 Januari 2019. Seperti kota-kota lainnya, Temanggung juga menjadi satu satu tempat Clean The City. Di kota Temanggung Clean The City dipusatkan di alun-alun Temanggung, dimana lokasi ini menjadi lokasi berkumpulnya masyarakat yang menikmati pergantian tahun baru.


Clean The City sendiri merupakan cara berbeda, dalam merayakan pergantian tahun baru yang lebih bermakna. Seperti sudah kita maklumi, untuk menyambut pergantian tahun baru, selalu diadakan perayaan di kota-kota besar. Sayangnya, usai pesta pergantian tahun tersebut, menyisakan permasalahan berulang setiap tahun, yaitu sampah. Sampah sisa pesta pergantian  tahun berserakan di mana–mana, tanpa mereka pedulikan saat membuangnya dengan sembarangan.

clean the city 2019 temanggung

Clean the City merupakan aksi nyata mengawali tahun baru lebih bermanfaat. Disaat orang merayakan pergantian tahun baru bersukacita dengan meninggalkan sampah, relawan Clean the City bersukacita berpesta berburu dan memungut sampah mereka. Clean the City merupakan gerakan nasional membersihkan sampah sisa perayaan tahun baru, yang dilakukan  serentak di lebih dari 50 kota  di seluruh Indonesia. Aksi yang dilakukan pasca perayaan tahun baru ini, dipelopori oleh pemuda Muslim Ahmadiyah, bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat.

clean the city 2019 temanggung
Clean The City dimulai saat pagi masih gelap

clean the city 2019 di temanggung

clean the city 2019 temanggung
Relawan CTC bergegas berburu sampah

Di alun-alun kota Temanggung, relawan Clean The City melakukan aksi berburu sampah saat hari masih gelap, tepatnya dimulai sekitar pukul 05.00 WIB. Diawali dengan mempersiapkan peralatan kebersihan berupa sapu lidi, cikrak, sarung tangan dan kantong sampah plastik berukuran besar. Dengan bergegas, relawan langsung bergerak, berburu sampah sisa malam tahun baru yang masih banyak berserakan. Sampah-sampah dimasukan kedalam kantong plastik besar dan dikumpulkan disatu tempat supaya memudahkan petugas kebersihan mengangkutnya. Pembersihan area alun-alun dari sampah sisa malam tahun baru, berlangsung selama 3 jam atau selesai sekitar pukul 08.00 WIB.

clean the city 2019 temanggung
Clean The City menjadi sarana belajar bagi anak-anak
untuk menjaga lingkungan tetap bersih

clean the city 2019 di alun-alun temanggung
Namanya mbah Ri, usianya sekitar 75 tahun

clean the city 2019
Adik Ahsan usianya 3 tahun, bersama keluarganya

clean the city 2019

clean the city 2019
Ini Tahir, usia 8 tahun kelas 3 SD,
sedang menarik kantong sampah
dan membagikan stiker ajakan menjaga kebersihan

Di kota Temanggung Clean The City menjadi gelaran perdana, diikuti oleh 12 relawan yang terdiri dari orang tua dan anak-anak. Meskipun hanya diikuti oleh beberapa relawan saja, tetapi keberadaan mereka cukup menyita perhatian pengunjung alun-alun. Terutama karena seragam dengan tulisan Clean The City dan juga keberadaan beberapa anak-anak yang ikut memunguti sampah. Bahkan diantaranya ada yang tergerak ambil bagian memungut sampah, sedang lainnya sekedar bertanya apa itu Clean The City. Ada juga yang berempati menyumbang makanan, untuk menambah tenaga. 

clean the city 2019
Tupukan kantong sampah yang dikumpulkan

clean the city 2019 di alun-alun temanggung
#AwaliDenganKebersihan #TemanggungBersih #TemanggungBersenyum #TemanggungGandem

Salah satu pengunjung alun-alun yang menyaksikan keberadaan relawan clean the city, sempat mengungkapkan rasa terima kasihnya dan berharap clean the city bisa menginspirasi warga yang lain untuk lebih peduli pada kebersihan lingkungan. Dan pada umumnya masyarakat mengapreasi positif kegiatan ini.

clean the city 2019
Relawan Clean The City Temanggung

Clean The City di Temanggung menjadi Clean The City ke 3 yang saya ikuti. Tehun sebelum melaksanakan bersama relawan di Kota Malang pada tahun 2017 dan di Kota Semarang pada tahun 2019.  Secara keseluruhan kegiatan Clean the City di Temanggung berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga ditahun mendatang bisa dilaksanakan kembali dan lebih banyak lagi yang terlibat.

Clean The City 2019 Temanggung
13 Komentar untuk "Clean the City 2019 Temanggung"

semoga bukan cuma ada event aja yah menjaga kebersihan itu hehe, habis itu biasanya cuek lagi manusia

Kegiatan bersih-bersih semacam itu memang lebih asyik kalau dilakukan bareng-bareng dan juga semoga menginspirasi banyak orang supaya tetap jaga kebersihan walaupun habis tahun baru, kasihan kan bungkus jajannya, habis manis sepah dibuang, habis isinya lalu dilupakan. Ckckck...tak patut.

Jago bikin videonya....super keren, suaranya juga jernih...graphic nya bagus...

Wah hebat banget itu komunitasnya pada gercep semua ngebersihin sampah. Tapi sih seharusnya sampah kayak gitu yang bersihkan adalah orang yang membuat sampah itu sendiri. Kapan ya orang-orang bisa sadar?

Luar biasa, pada mau membersihkan sampah yang diakibatkan oleh ulah orang lain. Semoga menggerakkan makin banyak orang untuk menjaga kebersihan.

Pertanyaan saya adalah, bagaimana ya supaya yang tidak kenal adab buang sampah yang baik lebih peduli? Semoga adanya orang-orang baik yang mau membersihkan sampah bukan makin jadi pembenaran buat mereka dengan tetap melakukannya karena akan ada yang membersihkan untuk mereka 😶

Kegiatan yang super sekali, sangat bagus, sangat bermanfaat, sangat menginspirasi, sangat sangat sangat yang lain. Ini harusnya viral kan ya. Suka sekali sama kegiatan ini.

clean clean alias bersih bersih..mantaab kegiatanya sngat bermangfangat bosskuh...

Aku salut pada kalian semuaaaa.... aku bangga. Sebel sama orang yg sembarangan buang sampah. Karena memang dari kecil aku diajarin buang sampah di tempatnya. Kegiatan ini bangus juga untuk memberi contoh pada orang-orang di sekitar. Semoga banyak yg terinspirasi. Eh sampah segitu banyak disetor ke bank sampah lumayan tuh hehehe :D

Salut atas dedikasinya untuk cinta lingkungan. Semoga makin banyak masyarakat yang terlibat

Terbaik sih ini, ajang cleancity gini :D bikin kota makin bersih dan enak aja gitu buat dilihat :D

Ya ampunn Temanggung, kangennn

Gw sering mampir makan bubur kacang ijo kalo pulang dari Semarang ke Purwokerto. Pasti kalo lewat alun-alun mampir deh. Sayang sekarang udah gak pernah ke sana lagi.

biar nggak lupa dan selalu ingat update terbaru di blog sobat, ijinkan saya untuk follow blog sobat ;)

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top