Monumen Meteorit Wonotirto Temanggung

monumen meteorit wonotirto temanggung
Monumen Meteorit Wonotirto Temanggung terletak di desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Berada di lereng Gunung Sumbing, sekitar 10 km arah barat pusat kota temanggung. Akses menuju monumen meteorit bisa dijangkau menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat.


Keberadaan Monumen Meteorit  Wonotirto sebagai penanda, fenomena alam langka yang pernah terjadi di lokasi tersebut, yaitu titik jatuhnya meteor. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 11 Mei 2001, pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB, dimana warga sekitar mendengar suara dentuman yang keras. Rupanya suara dentuman  ini berasal dari benturan batu meteorit dengan tanah.

monumen meteorit wonotirto temanggung
Replika Meteorit dan meteorit asli

Titik jatuh meteorit inilah yang kemudian dibangun menjadi sebuah monumen. Di tempat tersebut dibuat penanda titik jatuh dan replika batu meteorit. Monumen ini diresmikan pada bulan Februari 2002 dan menjadi salah satu destinasi wisata khas Kabupaten Temanggung.

monumen meteorit wonotirto temanggung
Titik jatuh meteorit di lokasi

Monumen Meteorit menjadi salah satu identitas wisata khas Temanggung karena Museum Rekor Indonesia (MURI), telah menetapkan Monumen Meteorit sebagai satu-satunya monumen lokasi jatuhnya meteorit di Indonesia.

monumen meteorit wonotirto temanggung
Gunung Sumbing nampak sangat dekat

Daya tarik Monumen Meteorit Temanggung tidak hanya sebagai tempat jatuh meteor, tetapi juga  memiliki lokasi yang menawan. Berada di ketinggian 1260 mdpl lereng Gunung Sumbing dan dikelilingi hamparan ladang pertanian yang indah, ditambah dengan hawanya yang sejuk, terasa tidak mau beranjak saat berada disini.

monumen meteorit wonotirto temanggung

monumen meteorit wonotirto temanggung
Area monumen yang rindang

Fasilitas yang disediakan di Monumen Meteorit belum terlalu lengkap, tetapi sudah cukup nyaman bagi yang hanya sekedar berkunjung. Areanya lumayan bersih dan terawat, seperti saat berkunjung kesana bertemu dengan pak Amanat, dimana beliau yang bertugas untuk menjaga dan merawat tempat ini. Di sini sudah di sediakan lahan parkir, terdapat gazebo dan tempat duduk, sedangkan untuk WC nampaknya belum disediakan.

monumen meteorit wonotirto temanggung

monumen meteorit wonotirto temanggung
Lokasi Monumen Meteorit Wonotirto

Harga tiket masuk ke Museum Meteorit Temanggung tidak dipungut biaya alias gratis, jadi pengunjung bebas ke lokasi. Meskipun demikian tetap jaga kebersihan dan kelestariannya, hindari tindakan vandalisme.

Nah bagi traveler yang sedang berkunjung ke Temanggung, jangan sampai terlewat destinasi yang satu ini, Monumen Meteorit Temanggung.

Sumber: Lokasi monumen Meteorit Temanggung 
24 Komentar untuk "Monumen Meteorit Wonotirto Temanggung"

yang gratis kadang kurang diminati ya, seharusnya dikelola biar lebih menarik lagi. Tergolong belum lama peristiwa jatuhnya meteor, 2001.

Wisata unik ini, batu meteor yang biasanya ada di meseum2, ini ada diluar namun sayangnya lubang asli bekas meteornya sudah ditutup ya mas? Seandainya dipertahankan mungkin lebih unik dan tentunya dibuatkan atap agar tidak kehujanan.

Semoga kedepannya wisata ini semakin dikembangkan khususnya untuk kamar mandi dan toilet umum...

Wahhh padahal kalau buat foto foto jadi keren banget tuh lokasinya, ayooo viralkannn

Jadi bayangin kejadian pas meteornya jatuh, serem juga ya, bisa ada meteor jatuh yang sampai ke bumi.

Tempat sejarah yang menarik ditambah ada taman yang cukup indah jadi menambah kesan abadi bagi monument Meteorit Wonotirto Temanggung. 😄

Wah baru tau loh di Jawa Tengah peenah ada meteor jatuh. Ingin maen2 ke sanaaa👌

Situs qq online merupakan artikel yang menyediakan berbagai artiekel permainan online atau tips & trik ataupun panduan bermain kartu remi online dan domino online dan menyediakan USer ID VIP untuk anda.

Yaaah, baru seminggu yang lalu aku lewat jalan raya utama Bulu ini .., ngga tau kalau ada lokasi meteor jatuh.

Penasaran aku pengin lihat langsung bentuk fisik batu meteor itu kayak apa.

Ternyata Temanggung pernah kejatuhan benda dari angkasa luar..bagus idenya dijadiin museum, landscape sekelilingnya juga indah, salah satu destinasi wisata yang asik

Noted! Kalau nanti main-main ke Temanggung bisa nih mampir dan melihaf titik tepat jatuhnya meteorit.

Padahal gratis itu malah enak ya mas, jadi gak bayar dengan menikmati pemandangan seperti ini..

eh ini udah kejadian ya
sampe dibuat monumennya
klo di Malang ada sih di pagelaran klo gak salah tapi untuk tulak balak

yang penting pemandangannya bagus ya mas

Sudah gratis, dapat ilmu juga lagi. Pastinya bagi traveler jangan sampai nggak berkunjung ke museum ini.

wah nggak kebayang ya gan batu sebesar itu bisa jatuh ke bumi dari ruang angkasa, untung aja nggak menimpa orang/rumah warga :)

Monument meteorit lokasinya di dataran tinggi nan sejuk, asyik dong bisa kesana sambil liat pemandangan gunung

Waaah, boleh juga nih bila nanti ke Temanggung. Siiippp....

Wah sudah bulan ke empat belum ada yang baru juga nih.

biar bisa diingat oleh masyarakat sehingga perlu dibangun monumen ya gan biar untuk mengabadikan bahwa tempat tersebut pernah kejatuhan benda angkasa ;)

Semoga keberadaan museum ini sebagai destinasi wisata buatan yang berhubungan dengan fenomena alam, semakin dikenal dan banyak yang kunjungi.

bang blogmu saiki apik tenan piye to update suwe tenan

Masuk list!

Suka sekali kalo lokasi wisata yang masih asri seperti ini. Apalagi ada gunung-gunung lagi. Jadi bikin kangen kampung.

Salam kunjungan dan follow disini ya :)

Wah, aku musti banget ke sini nih!!
Mumpung masih sepi gitu, padahal gratis yah ._.
Kebayang udara segarnya, itu banyak pepohonan.
Ya Allah, ada sawah juga... haha norak.

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top